Rabu 17 May 2023 05:12 WIB

Dua Tahun Bukit Algoritma di Sukabumi, Kades: Belum Ada Kejelasan

Proyek Rp 18 triliun yang digawangi Budiman Sudjatmiko berhenti di groundbreaking.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erik Purnama Putra
Direktur Utama PT Aamka Nikolas Agung (kiri), Direktur Utama PT Bintang Raya Dani Handoko, dan Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko bersalaman seusai MoU kontrak pembangunan Bukit Algoritma di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pengembangan teknologi dan industri 4.0 Kabupaten Sukabumi di Jakarta, Rabu (7/4/2021). PT Amarta Karya (AMKA) (Persero) dipercaya sebagai mitra infrastruktur Bukit Algoritma pada tahap pertama selama tiga tahun ke depan, dengan nilai total diperkirakan satu miliar euro atau setara Rp18 triliun.
Foto:

Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO, Budiman Sudjatmiko, mengatakan bahwa laksana Silicon Valley, Bukit Algoritma akan menjadi pusat riset dan pengembangan dan sumberdaya manusia berbasis teknologi 4.0.

"Kawasan ini (Bukit Algoritma Sukabumi) akan menjadi salah satu pusat untuk pengembangan inovasi dan teknologi tahap lanjut, seperti misal kecerdasan buatan, robotik, drone (pesawat nirawak), hingga panel surya untuk energi yang bersih dan ramah lingkungan," ujar Budiman.

Budiman menjelaskan tujuan pembangunan kawasan ini, yakni untuk meningkatkan kualitas ekonomi 4.0, meningkatkan pendidikan dan penciptaan pusat riset dan pengembangan.

Juga, meningkatkan sektor pariwisata di kawasan setempat, serta meningkatkan infrastruktur pertumbuhan tangguh berkelanjutan dan pembangunan sumber daya manusia berbasis IPTEK.

Dalam jangka waktu tiga tahun, infrastruktur yang dibangun di kawasan itu, antara lain akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi, dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, kawasan ini akan dekat dengan akses Tol Bocimi (Seksi 2 Cibadak) dan Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi yang akan segera dibangun, serta jalur ganda KA Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement