Selasa 16 May 2023 01:38 WIB

Ridwan Kamil Ungkap Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Dilaksanakan 

Ridwan Kamil menyebut target kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi mulai Agustus.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Pekerja beraktivitas di area Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/5/2023). PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) segera melakukan tes comissioning  atau uji fungsi KCJB yang meliputi pengujian dan assesment sarana prasarana kereta cepat dan integrasi sistem. Termasuk uji dinamis perjalanan electric multiple unit (EMU) atau comprehensive inspection train (CIT) yang akan dilakukan di sepanjang trase KCJB.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pekerja beraktivitas di area Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/5/2023). PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) segera melakukan tes comissioning atau uji fungsi KCJB yang meliputi pengujian dan assesment sarana prasarana kereta cepat dan integrasi sistem. Termasuk uji dinamis perjalanan electric multiple unit (EMU) atau comprehensive inspection train (CIT) yang akan dilakukan di sepanjang trase KCJB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan uji coba pengetesan kereta cepat Jakarta Bandung mulai dilaksanakan hari ini, Senin (15/4/2023). Ia berharap kereta cepat dapat mulai beroperasi sesuai target Agustus mendatang. 

"Hari ini dilaksanakan pengetesan jalur KCIC kereta cepat Jakarta Bandung. Target bulan Agustus mulai beroperasi," ujarnya kepada wartawan di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (15/4/2023). 

Baca Juga

Ia mengungkapkan, pengetesan kereta cepat Jakarta Bandung akan dilaksanakan pada pekan ini. Ridwan Kamil meminta dukungan dari seluruh warga masyarakat yang terlewati oleh jalur kereta cepat Jakarta Bandung. 

Ridwan Kamil menyebut kehadiran kereta cepat Jakarta Bandung merupakan inovasi dan hadiah luar biasa. Pembangunannya memakan biaya yang tidak murah dan menjadi perhatian internasional selama proses pengetesan. 

"Kami harap masyarakat mendukung dan doakan sesuai target," katanya. 

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta masyarakat turut serta menjaga kelancaran proses salah satu tahapan penting operasional Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB), yaitu commissioning test atau tes fungsi. Untuk membantu kelancaran proses tersebut, masyarakat diminta tidak beraktivitas di jalur KCJB. Sebab hal itu berpotensi membahayakan pelaksanaan commissioning test. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (12/5/2023), mengatakan, meski sepanjang jalur KCJB sudah diberi pagar dan kawat berduri, masyarakat tetap diminta ikut menjaga sarana dan prasarana salah satu proyek strategis nasional itu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement