Kamis 11 May 2023 12:15 WIB

Ditanya Soal Cawapres Anies, Ini Jawaban Surya Paloh

Paloh mengaku memberikan kesempatan bagi Anies pertimbangkan cawapres terbaik.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menanggapi tak diundangnya Partai Nasdem oleh Presiden Jokowi hingga wacana pembentukan koalisi besar, di Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (5/5/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menanggapi tak diundangnya Partai Nasdem oleh Presiden Jokowi hingga wacana pembentukan koalisi besar, di Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem masih menimbang nama-nama terbaik untuk bisa diajukan sebagai cawapres. Ketum Nasdem, Surya Paloh, mengaku cukup santai mempertimbangkan nama-nama potensial mendampingi Anies Baswedan.

Ia mengatakan, Nasdem sudah lebih dulu dalam mengajukan nama capres. Karena itu, Nasdem tidak apa-apa jika belakangan deklarasikan cawapres. "Saat ini mereka mencari yang terbaik dari yang baik," ujar Paloh, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga

Paloh mengungkapkan, ada banyak nama yang menjadi pilihan untuk mulai dipikirkan dan dilihat. Termasuk, melihat nama-nama yang mungkin cocok dipasangkan dengan Anies Baswedan dan berasal dari luar Nasdem.

Saat ini, kata dia, adalah waktu yang tepat untuk melihat siapa cawapres yang akan mendampingi capres-capres lain, seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Nasdem, Paloh melanjutkan, tidak tergesa-gesa menentukan cawapres.

Menurut Paloh, menentukan terbaik dari banyak nama yang baik harus menjadi perjuangan bagi semua. Ia mengaku akan memberi kesempatan yang luas bagi Anies Baswedan menentukan siapa pendampingnya kelak.

"Kasih kesempatan, kamu yakin tidak sama capres yang kamu usung. Kamu mau dia harmoni dalam melaksanakan tugas kalau terpilih, jangan hanya mengurusi perbedaan satu sama lain capres-cawapres. Sayang bangsa ini," kata Paloh, Kamis (11/5/2023).

Ia mengaku berbahagia, semua elite parpol menempatkan diri ingin menjaga stabilitas nasional dan menghindarkan benturan satu sama lain. Paloh merasa, ini patut disyukuri dan harus ditanggapi secara serius.

Paloh berharap, komitmen itu dimaknai dengan tekad dan semangat untuk merealisasikan. Ia merasa, Indonesia terus diuji dari waktu ke waktu agar bisa memberikan parameter, melahirkan pemilu yang semakin baik. "Kalau tidak sayang, budget yang banyak dihabiskan, energi yang banyak dihabiskan, kita tidak dapat apa-apa. Sayang sekali," ujar Paloh.

Partai Nasdem sendiri hari ini menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU. Di Jakarta, diawali pemotongan tumpeng yang dilakukan Surya Paloh, rombongan Nasdem menuju KPU bersama ojek daring dan ojek pangkalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement