Kamis 11 May 2023 00:02 WIB

PKB Bocorkan Capres-Cawapres KKIR Diumumkan Sebulan Lagi

Golkar disebut berpeluang bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Ketua DPP PKB Faisol Riza menyampaikan update wacana koalisi Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PKB di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP PKB Faisol Riza menyampaikan update wacana koalisi Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PKB di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Faisol Riza membocorkan bahwa partainya telah memutuskan untuk mengusung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres). Adapun pengumuman capres sekaligus calon wakil presiden (cawapres) disebut akan diumumkan dalam waktu satu bulan mendatang.

"Ya Insya Allah satu dua bulan lagi akan ada keputusan, satu bulan lah. Semua kita serahkan kepada pimpinan pimpinan partai kami semuanya, jadi itu domain mereka," ujar Faisol di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga

Ia menegaskan, keputusan pencapresan Prabowo telah dibicarakan empat mata dengan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar. Meskipun hal tersebut belum diputuskan dalam forum resmi partai ataupun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Itu dari awal tanda tangan piagam kerja sama sebenarnya mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden itu sudah di Sentul waktu itu. Jadi otomatis kami terikat itu semua kami laporkan ke pertemuan koalisi dengan Partai Gerindra," ujar Faisol.

 

Ia menjelaskan PKB bersama Partai Gerindra sudah berbicara dari hati ke hati terkait pengusungan Prabowo sebagai bakal capres. Sebelum peresmiannya, KKIR masih dalam proses hingga nantinya diputuskan terkait sosok yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Itu biar diputuskan oleh para petinggi partai. Kami ini hanya pelayan partai ini yang menyiapkan hidangan makanan supaya bisa dinikmati bersama oleh kami, lomba masak supaya masak, sehat, bergizi kualitas itu kami, yang menikmati itu adalah petinggi partai masing-masing," ujar Faisol.

Partai Golkar juga disebutnya berpeluang bergabung dalam koalisinya bersama Partai Gerindra dan PKB. Apalagi PKB dan Partai Golkar telah membentuk tim pemenangan untuk merealisasikan wacana tersebut.

"Pertama bahwa PKB sudah mengusung Prabowo sebagai calon presiden itu harus dicatat. Kemudian, Partai Golkar memutuskan Pak Airlangga sebagai calon presiden, nah ini tentu masih berproses, kami senang kalau Partai Golkar bergabung," ujar Ketua Komisi VI DPR itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement