Selasa 09 May 2023 16:20 WIB

Kemenhub Apresiasi Nelayan Labuan Bajo Dukung Kelancaran KTT ASEAN Ke-42

Peran nelayan sangat besar dalam menciptakan ketertiban perairan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 1.000 paket sembako yang diserahkan langsung oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Rivolindo kepada para nelayan.
Foto: Istimewa
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 1.000 paket sembako yang diserahkan langsung oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Rivolindo kepada para nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan apresiasi kepada para nelayan di Labuan Bajo, NTT yang telah mendukung kelancaran acara KTT ASEAN ke-42 pada tanggal 6-13 Mei 2023. Peran para nelayan sangat besar dalam menciptakan ketertiban perairan selama perhelatan berlangsung di wilayah tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi, pada Selasa (9/5), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 1.000 paket sembako yang diserahkan langsung oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Rivolindo kepada para nelayan didampingi oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng.

Adapun Penyerahan bantuan sembako ini merupakan perintah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dilaksanakan di terminal multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo NTT dan dikoordinir oleh Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Hasan Sadili. 

Dalam hal ini, Rivolindo mengucapkan, terima kasih atas kerja sama yang baik antara para nelayan dan instansi terkait dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran selama perhelatan acara KTT ASEAN ke-42.

 

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para nelayan di wilayah Labuan Bajo. Kami juga mengapresiasi para nelayan yang telah membantu menjaga keamanan, ketertiban. dan kelancaran acara, serta menunjukkan solidaritas yang tinggi dari masyarakat nelayan Labuan Bajo," ujar Rivolindo dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (9/5/2023).

Selanjutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap kebersamaan dan dukungan dari para nelayan terus terjaga di masa depan. Para nelayan juga diharapkan dapat terus berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan di wilayah Labuan Bajo, NTT.

Acara ini turut dihadiri oleh Kadis KKP Manggarai Barat, Kasatpol PP Labuan Bajo, GM Pelindo cabang Labuan Bajo, Kepala Cabang PT Pelni, GM ASDP Labuan Bajo.

Sebagai informasi, dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran acara, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) telah menyiagakan dua unit kapal patroli KPLP dan sejumlah personel di perairan tersebut.

Kapal patroli yang diterjunkan adalah Kapal Patroli KPLP KN Chundamani P.116, yang dimiliki oleh Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok.

Selain memberikan dukungan dua kapal patroli KPLP untuk menjaga perairan Labuan Bajo, Kementerian Perhubungan menugaskan PT Pelni menyiapkan kapal KM. Sinabung berkapasitas 2.000 penumpang sebagai akomodasi terapung bagi para tamu negara, media asing, maupun panitia pelaksana di Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo pada tanggal 6-12 Mei 2022 tanpa dipungut biaya.

Kementerian Perhubungan juga menyiapkan sarana dan prasarana kepelabuhanan dalam menyambut kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Labuan Bajo seperti Kapal KRI, Kapal Rumah Sakit, kapal Yacht dan lain sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement