Senin 08 May 2023 08:08 WIB

Lagu Daerah Jadi Tema Lomba Tarik Suara di Festival Pemuda Toraja Besutan OMG

Kegiatan itu merupakan upaya mereka meningkatkan SDM pemuda Toraja.

Festival pemuda Toraja yang di dalamnya terdapat lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja, Sulawesi Selatan.
Foto: Dok. web
Festival pemuda Toraja yang di dalamnya terdapat lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, TORAJA -- Kelompok pemuda Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan festival pemuda Toraja yang di dalamnya terdapat lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja. Koordinator OMG Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh. Rais Auliya Razak mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya mereka meningkatkan SDM pemuda Toraja. Pihaknya juga ingin memperkenalkan bakat-bakat pemuda Toraja, mendongkrak perekonomian warga, serta untuk mempromosikan lagu dan budaya daerah Toraja kepada masyarakat luas.

"Tujuannya meningkatkan minat dan bakat dari pemuda yang ada di Toraja Utara ini, dan memotivasi (pemuda) yang ada disini untuk tetap hidup produktif dan berkembang ke depannya," ujar Rais seusai kegiatan di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan kemarin. 

Baca Juga

Rais mengatakan lomba menyanyi lagu daerah diikuti puluhan pemuda Toraja. Namun yang ditampilkan dalam acara puncak merupakan tiga finalis, yaitu Tambang Sarrin yang menjadi Juara 1, Erwin Bato Juara 2, dan Habel Juara 3. 

Para pemenang itu mendapatkan penghargaan. Ketiga finalis membawakan lagu daerah Toraja, seperti lagu berjudul 'To Manglaa', 'Langkan Maega', dan 'E Tondokku'. 

 

Sementara untuk talk show, kata Rais, membahas tantangan dan peluang dalam pengembangan pemuda terutama peluang usaha. Narasumber yang dihadirkan Dr. Elim Lolodatu. 

"Kami juga hadirkan pemutaran film karya produser lokal. Filmnya tentang daerah Toraja," ungkapnya. 

Rais menyatakan, festival ini turut melibatkan UMKM untuk memberikan platform bagi para pelaku usaha, memperkenalkan produk-produk mereka dan meningkatkan penjualannya. 

"Kami memberikan suatu ruang yang bisa meningkatkan perekonomian UMKM disini," imbuhnya. 

Acara ini disambut baik dan antusias masyarakat, khususnya pemuda yang datang untuk menikmati festival dan mendukung perkembangan ekonomi lokal. 

Salah satu peserta, Meshya menyatakan festival ini bermanfaat bagi para pemuda karena menghadirkan peningkatan intelektual dengan talk show, hiburan dan budaya dengan lomba menyanyi daerah dan peningkatan ekonomi dengan kehadiran UMKM.

"Ini sangat bermanfaat khususnya untuk orang-orang muda, kaya tadi materi (talks show) dapat narsumber," ucap perempuan asal Toraja ini. 

Sebelumnya, upaya OMG dalm merangkul anak-anak muda untuk tetap kreatif juga pernah dilakukan di Tegal, Jawa Tengah. 

OMG menggelar pelatihan dan mentoring kepada sejumlah komunitas olahraga bola basket sebagai upaya merangkul kalangan milenial.

Koordinator OMG Tegal Muhammad Akmal Arravi mengatakan kegiatan mentoring itu diisi dengan pertandingan basket.

"Kami ingin mewujudkan talenta muda berbakat dalam cabang olahraga basket melalui sustainable mentoring," katanya.

Kegiatan yang digelar di GOR Menawa Arena Jalan Raya Singkil Kaliwadas, Klaben, Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal itu diikuti puluhan anak muda dari berbagai komunitas basket.

"Kami hadirkan pelatih basket profesional untuk memberikan materi, kemudian pemanasan dan dilanjutkan pertandingan tim basket," ujarnya, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement