Jumat 05 May 2023 20:21 WIB

Pemprov Lampung Bak Kena Prank, Jokowi Pilih Rute Jalan yang Masih Rusak Berat

Jokowi bahkan berganti jenis mobil dari sedan ke jip akibat kondisi jalan yang rusak.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung pada Jumat (5/5/2023), Presiden Joko Widodo berganti mobil menjadi jenis jip saat sedang meninjau ruas jalan Seputih Raman-Seputih Banyak-Simpang Randu.
Foto:

Diketahui jelang kedatangan Jokowi, Pemprov Lampung sibuk memperbaiki sebagian jalan-jalan rusak yang sempat viral di media sosial. Pada Senin (1/5/2023), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad bahkan meninjau langsung perbaikan jalan rusak di Kecamatan Rumbia.

 

Menurut Arinal, jalan di Rumbia sudah masuk dalam prioritas pembangunan  salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yakni ruas Simpang Randu – Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemprov Lampung tahun 2023.

“Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN,” kata Arinal saat meninjau ruas jalan Rumbia, Senin.

photo
Gubenur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak poros Rumbia di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Senin (1/5/2023). - (Dok Adpim Pemprov Lampung)

 

 

Sehari sebelum kunjungan Jokowi, beredar informasi rute perjalanan Presiden di Lampung yang menyebutkan, Jokowi akan menaiki helikopter. Setelah tiba di Bandara Radin Inten III Branti Lampung, Presiden Jokowi sempat dilaporkan akan menggunakan helikopter menuju jalan rusak di ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Persiapan menyambut kedatangan Jokowi pada Kamis (4/5/2023) dilakukan di Lapangan Sido Binangun, Kecamatan Rumbia, lapangan di mana helikopter yang ditumpangi Jokowi direncanakan mendarat. Sejumlah aparat gabungan TNI/Polri dan Paspampres telah bersiaga melakukan gladi bersih di lapangan tersebut. 

Namun, pada Jumat pagi, pihak Istana membantah informasi yang menyebutkan, kunjungan Jokowi di Lampung akan dilakukan dengan menggunakan helikopter dan juga sepeda motor. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, dalam kunjungan ini Jokowi hanya akan menggunakan kendaraan mobil.

"Hanya menggunakan mobil. Tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor," jelas Bey kepada wartawan, Jumat.

Seorang pejabat Pemprov Lampung yang dikonfirmasi Republika pada Jumat pagi juga membenarkan bahwa Jokowi batal naik helikopter. “Tak jadi naik heli, tapi naik mobil khusus,” kata seorang pejabat berinisial KS.

Sebelumnya, warga Rumbia menyatakan bersyukur Presiden Jokowi akhirnya mengunjungi Lampung. Menurut Bowo (45 tahun), warga Rumbia, selama ini Kecamatan Rumbia terpencil tidak ada pejabat yang mau datang, sehingga jalan rusak parah sekarang seakan dibiarkan dan terbengkalai.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi mau datang ke kampung kami melihat jalan rusak di Rumbia. Semoga jalan kami tidak rusak lagi ke depannya,” kata Bowo, sehari-hari bekerja sebagai pedagang. 

Jalan poros Rumbia ini telah lama terbengkalai dalam kondisi rusak parah, sekira 10 tahun lebih. Jalan berlubang dan bergelombang, lebih parah lagi bila turun hujan, banyak kendaraan baik motor maupun mobil terjebak. Tak terhitung lagi, sudah banyak mobil dan motor terguling.

“Kalau Pak Jokowi sudah datang, pasti jalan ini bagus. Mudah-mudahan jalan Rumbia mulus,” kata Bowo.

 

photo
Infografis Panjang jalan rusak di Provinsi Lampung. - (Infografis Republika)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement