Ahad 30 Apr 2023 08:42 WIB

Pj Heru Minta Anak Sekolah Pakai Baju Adat Betawi untuk Sambut Delegasi ASEAN

Heru ingin menunjukkan keragaman Indonesia di Jakarta.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Fuji Pratiwi
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru mengatakan, warga DKI Jakarta harus berpartisipasi dalam memeriahkan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 dengan turut menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta pada September mendatang.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru mengatakan, warga DKI Jakarta harus berpartisipasi dalam memeriahkan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 dengan turut menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta pada September mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan warga DKI Jakarta harus berpartisipasi dalam memeriahkan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 dengan turut menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta pada September mendatang. Ia ingin anak-anak sekolah nantinya mengenakan pakaian adat tradisional.

"Saya minta nanti kita hadirkan anak-anak sekolah dan Pramuka. Anak-anak sekolah sebagian berpakaian adat Betawi, untuk menyambut kedatangan delegasi dengan membawa bendera masing-masing negara. Kita sesuaikan nanti dengan jadwal kedatangan mereka," kata Heru dalam keterangan tertulis pada Ahad (30/4/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia meminta untuk mempercantik kawasan DKI Jakarta seperti jalan diaspal mulus dan taman diperbaiki. Sehingga DKI Jakarta sebagai kota global tetap dapat menonjolkan kesan lokal yang kuat, serta menghadirkan pengalaman berbeda bagi tamu KTT ASEAN yang tiba di Jakarta.

"Kita ingin menunjukkan keragaman Indonesia. Pemprov akan memfasilitasi kalau memang dibutuhkan ada gamelan, tanjidor untuk menyambut delegasi, kami siapkan," kata dia.

Ia mengaku DKI Jakarta sudah siap menyambut KTT ASEAN. Heru juga akan menyiapkan sajian bernuansa lokal. Pemprov DKI dengan Pemda Banten akan sama-sama mempercantik suasana bagi kedatangan tamu internasional tersebut.

Ia menambahkan ingin mengoptimalkan fasilitas umum. Selain mempercantik kawasan, juga sebagai sarana promosi dengan memanfaatkan media luar ruang untuk kegiatan KTT ASEAN Tahun 2023.

"Selain memperindah kawasan, seperti jalan dan jalur pedestrian, kita juga akan memaksimalkan media luar ruang, seperti layar LED dan Videotron sebagai media promosi kegiatan ini. Kita berharap segala persiapan yang dikerjakan ini bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena, event internasional ini akan memberikan dampak yang bagus bagi Jakarta," kata Heru.

Diketahui, Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 42 akan menyelenggarakan perhelatan tersebut di dua tempat yaitu Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Mei serta DKI Jakarta pada September 2023.

Jakarta sebagai tuan rumah untuk agenda  KTT ASEAN Plus atau ASEAN+3 Summit yang turut menghadirkan negara-negara di luar Asia Tenggara, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan, kini tengah mempersiapkan sejumlah titik strategis sebagai lokasi penyambutan para tamu undangan dari berbagai negara tersebut.

Heru meninjau beberapa titik strategis, yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), kawasan Gelora Bung Karno (GBK) serta kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pada kemarin (29/4/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement