Ahad 30 Apr 2023 08:34 WIB

Gelar Halal Bihalal Relawan Jokowi dan Ganjar, Desk Khusus Relawan PDIP Dorong Sinergi

Lebih dari 100 orang pentolan organisasi relawan Jokowi hadir di pertemuan itu.

Desk Khusus PDIP untuk Kerja Sama Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, melakukan silaturahmi halal bihalal dengan organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: istimewa
Desk Khusus PDIP untuk Kerja Sama Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, melakukan silaturahmi halal bihalal dengan organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasca diumumkannya pencapresan Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan (PDIP) bergerak cepat untuk mengkonsolidasikan kekuatan warga masyarakat yang sudah menyuarakan dukungan. Bertempat di sebuah rumah makan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (29/4/2023), Desk Khusus PDIP untuk Kerja Sama Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, melakukan silaturahmi halal bihalal dengan organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Koordinator Desk Relawan Ahmad Basarah bersama Wakil Koordinator Adian Napitupulu, Sekretaris Deddy Yevri Sitorus, dan Wakil Sekretaris Rizky Aprilia hadir dan memimpin silaturahmi itu. Lebih dari 100 orang pentolan organisasi relawan Jokowi hadir di pertemuan itu. Diantaranya adalah TKR Jokowi - Ma'ruf, Barisan Ganjar Terdepan (Barigade), Ganjar utk Indonesia, Beta Indonesia, Aksi - Baja, Indonesia Berani, SPGP, GSPI, ARG, Bara Baja, BMP, Rumah Jokowi, Dukung Aja Ganjar, SekNas Jokowi, dan Merah Putih Fatmawati for Ganjar.

Baca Juga

Basarah menjelaskan silaturahmi dan halal bihalal tersebut difokuskan untuk organ relawan yang selama ini memang bersama-sama mengawal pemerintahan Jokowi. Tujuannya adalah membangun kominikasi tentang Pemilu 2024, dimana Ganjar menjadi calon presiden yang diusung PDIP.

“Pertemuan silaturahmi ini untuk menangkap aspirasi, masukan, ide, gagasan, dari para relawan pendukung Jokowi. Sehingga kita bisa mengetahui, menyatukan hati dan pikiran, bersama kelompok relawan Jokowi yang ingin ikut bersama-sama mendukung Ganjar sebagai Presiden RI periode 1024-2029,” kata Basarah dalam siaran persnya, Ahad (30/4/2023).

Di dalam pertemuan tersebut, Tim Desk Khusus Rekawan itu memberikan penjelasan mengenai keberadaan tim tersebut. Dijelaskan Basarah, Desk Relawan sifaatnya hanya koordinatif untuk memfasilitasi animo masyarakat yang mulai membentuk kelompok-kelompok relawan pendukung Ganjar.

“Jadi fungsi utama Desk ini adalah untuk kemudahan berkoordinasi dan saling berbagi informasi. Misalnya menyangkut strategi komunikasi yang akan dikerjakan bersama . Lalu bagaimana agar terjadi sinergi kekuatan di lapangan; dan atau bagaimana Desk ini membantu memenuhi keperluan relawan yang bisa didukung,” kata Basarah.

Dengan demikian, lanjut Basarah, keberadaan Desk ini sama sekali tidak bermaksud untuk mengkooptasi atau mengekang kebebasan, kreativitas, maupun inovasi kelompok relawan Ganjar. “Desk Khusus Relawan ini tak bermaksud melakukan kooptasi atau pengekangan atau menghilangkan independensi atau kebebasan dan inisiatif relawan. Jadi kelompok relawan bukan subordinat partai. Kebebasan relawan adalah tetap milik relawan,” tegas Basarah.

“Desk Khusus tidak akan mencampuri urusan aktivitas, kegiatan maupun mobilisasi dana kelompok relawan. Intinya independensi relawan akan tetap terjaga. Desk kordinasi hanya mengelola data base dan mensinkronkan kegiatan terkait dgn kampanye resmi pasangan calon nantinya, bukan aktivitas relawan,” tegas Basarah.

Lebih jauh, Basarah juga menjelaskan bahwa pengalaman dengan kelompok relawan pendukung Jokowi melatarbelakangi kerja Desk Khusus Relawan PDIP kali ini. Saat Pemilu 2014, ketika pertama kali Jokowi diusung sebagai capres oleh PDIP, juga dibentuk  Tim Koordinasi Nasional Relawan. Pada waktu itu, banyak sekali kelompok relawan yang bermunculan. Dan pada saat itupun, sama sekali tidak ada upaya kooptasi kelompok relawan Jokowi dari PDIP.

“Saat itu, Tim Kampanye Nasional juga dibuka menjadi ruang aspirasi, ruang bagi relawan untuk ikut terlibat,” imbuhnya.

Desk Khusus juga tidak akan membatasi akses kepada Capres atau TKN nanti pada waktunya. Desk akan memperkuat koordinasi, yang belajar dari pengalaman di dua pemilu terakhir. Dibutuhkan kesatuan dalam narasi pemenangan, strategi pemenangan, mempermudah distribusi logistik dan kegiatan kampanye, support data dan informasi serta tidak tumpang tindih dalam melakukan kegiatan.

Lebih jauh, Basarah juga menyatakan bahwa pada waktunya nanti, kerja Desk Khusus Relawan tersebut akan diintegrasikan dan menjadi bagian dari kerja Tim Kampanye Nasional pemenangan Ganjar Pranowo. “Desk Relawan ini akan menjadi bagian dari Tim Kampanye Nasional yang akan mengkoordinasikan berbagai hal demi memastikan kemenangan Ganjar sebagai presiden RI,” ujar Basarah.

Pada kesempatan itu, kelompok relawan yang hadir menyampaikan pertanyaan, aspirasi, hingga berbagai  masukan. Mayoritas menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan siap berkoordinasi dengan baik dengan Desk Khusus Relawan PDIP.

Kelompok relawan juga menyatakan kesediaan untuk mengikuti mekanisme pendataan organisai relawan beserra jejaringnya. Sehingga koordinasi kegiatan dan sinerginya bisa berjalan dengan baik.“Sejak awal kami ingin agar ada mekanisme yang memastikan kelompok relawan itu loyal dan siap bekerja keras. Jangan sampai ada yang menyatakan diri kelompok relawan Ganjar namun ternyata tidak loyal,” kata salah satu peserta acara dari kelompok relawan.

Pada diskusi itu, juga disepakati bahwa kelompok relawan akan segera menyiapkan ajang bersama untuk menunjukkan soliditas serta kebesaran dari relawan pendukung Ganjar Pranowo.

Sekretaris Desk Khusus Deddy Yevri Sitorus mendukung ide tersebut dan mengajak para relawan untuk mempersiapkannya.“Mari kita tunjukkan kesungguhan kita dalam mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden,” kata Deddy Yevri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement