Kamis 27 Apr 2023 20:03 WIB

Ganjar Pranowo: Erick Thohir Sosok Muda, Menarik, dan Energik

Erick Thohir dan Ganjar berbicara tentang dinamika sepak bola Indonesia.

Rep: Febrianto Adi Saputro, M Nursyamsi/ Red: Erdy Nasrul
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon Presiden Ganjar Pranowo berbicara tentang Erick Thohir belum lama ini. Dia menilai Menteri BUMN itu termasuk salah seorang tokoh yang disebut menjadi bakal calon wakil presiden. 

Dalam beberapa kesempatan bertemu, Erick dan Ganjar berbicara tentang dinamika dan optimisme sepak bola Indonesia. “Kita diskusi soal bola dan hal lain, orangnya enak diajak dialog. Mas Erick orangnya terbuka,” kata Ganjar Pranowo dalam sebuah program podcast yang diunggah ke Youtube sejak beberapa hari lalu.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah tersebut juga menilai mantan presiden Inter Milan itu orang yang berprestasi. “Sosok muda, menarik, dan energik,” kata Ganjar.

Terakhir, ia membeberkan sempat melakukan pembicaraan terkait potensi di Pilpres 2024 mendatang bersama Erick Thohir. Namun Ganjar belum memastikan siapa yang nanti akan mendampingi dalam kontestasi demokrasi tersebut.

 

“Mas Erick kan terbuka juga kampanye, kemungkinan bisa bareng atau tidak dan seterusnya,” pungkas Ganjar.

Seperti diketahui, Erick Thohir menjadi salah satu sosok cawapres yang digadang-gadang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Nama Erick Thohir juga bahkan disebutkan oleh Presiden Jokowi sebagai cawapres yang cocok untuk berdampingan bersama Ganjar Pranowo.

Masyarakat pun demikian, menginginkan Ganjar Pranowo untuk berpasangan bersama Erick Thohir. Terbukti dari hasil poling yang dikeluarkan oleh program The Matchmaker detikcom periode 20 Februari-25 April 2023, di mana pasangan Ganjar Pranowo – Erick Thohir menjadi skema duet teratas berdasarkan aspirasi masyarakat.

Puncak elektabilitas

Berdasarkan Survei Indo Barometer periode 12-24 Februari 2023, Erick Thohir berada di puncak elektabilitas sebagai cawapres. Eks Presiden Inter Milan tersebut bahkan mampu meraih angka elektabilitas mencapai 22,9 persen.

Tingkat keterpilihan Erick Thohir dinilai konsisten menguat di masyarakat. Sehingga semakin menebalkan modal untuk dapat bertarung pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad mengatakan bursa tiket calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo akan menjadi rebutan para tokoh yang pernah menjabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. Nama Erick Thohir merupakan salah satu tokoh yang digadang menjadi cawapres pendamping Ganjar.

"Tentu ada banyak tokoh-tokoh potensial yang berpeluang di situ. Mulai dari jajaran menteri yang saat ini membantu Presiden Jokowi, pimpinan partai hingga kepala-kepala daerah atau mantan kepala daerah. Tokoh-tokoh tersebut termasuk Erik Thohir dan lainnya," kata Nyarwi pada Kamis (27/4/2023).

 

Selain tokoh-tokoh menteri dan kepala daerah, tokoh yang merasa percaya diri bisa dapatkan tiket cawapres Ganjar akan berlomba-lomba untuk dapat dinominasikan dari partai-partai tersebut. Khususnya ketua umum parpol yang tergabung dalam KIB, mulai dari PPP, PAN dan bahkan Golkar. 

"Bursa tiket Cawapres untuk Ganjar akan menjadi rebutan para tokoh dan pimpinan parpol," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement