Senin 24 Apr 2023 13:02 WIB

Prediksi Dua Periode Puncak Pemudik Balik ke Jakarta

Jokowi menyebut arus mudik tahun ini menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Rekayasa lalu lintas sistem one way diberlakukan di tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik Lebaran.
Foto: Bowo Pribadi
Rekayasa lalu lintas sistem one way diberlakukan di tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Rahayu Subekti, Ali Mansur, Fauziah Mursid, Antara

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan puncak arus balik menuju Daop 1 Jakarta akan terjadi pada 25-26 April dan 30 April-1 Mei 2023. Adapun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, arus balik mudik sudah dimulai pada hari ini.

Baca Juga

"Tanggal 25-26 April ada sekitar 15 ribu pemudik yang balik, tetapi tidak menutup kemungkinan tanggal 30 April dan 1 Mei juga jadi puncak arus balik, karena sekarang saja sudah mencapai angka 14 ribu," kata Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Eva juga mengatakan, pemesanan tiket menuju Jakarta bisa jadi akan bertambah, karena hingga hari Senin penjualan tiket masih terus dibuka. Hingga Senin, Stasiun Gambir juga masih dipadati oleh pemudik yang berangkat menuju kampung halaman.

 

"Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Senin, okupansi penumpang masih 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Hari Senin, terdapat sekitar 23.400 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi," kata Eva.

Khusus untuk jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir hari ini, masih menunjukkan angka yang tinggi, yakni sejumlah 13.683 penumpang dengan okupansi penumpang berangkat sebesar 76 persen. Adapun untuk pemudik yang balik ke Jakarta dan tiba di pada hari ini tercatat mencapai 40 ribu pemudik.

"Mulai Senin (24/4) angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan. Secara total pada hari ini terdapat sekitar 40 ribu pengguna yang tiba," ujar Eva.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari kondisi normal. Sedangkan khusus untuk Stasiun Gambir, berdasarkan data terbaru per pukul 06.15 WIB, ada 14.337 penumpang yang tiba hari ini. Adapun lima besar relasi favorit yang dipilih pemudik balik yakni dari Stasiun Bandung, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, dan Surabaya Pasar Turi. 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement