Senin 24 Apr 2023 13:02 WIB

Prediksi Dua Periode Puncak Pemudik Balik ke Jakarta

Jokowi menyebut arus mudik tahun ini menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Rekayasa lalu lintas sistem one way diberlakukan di tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik Lebaran.
Foto:

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan hari ini (24/4/2023) mulai terjadi arus balik. Adapun pergerakan pemudik mulai landai dan mendekati normal.

“Diperkirakan Senin (24/4/2023) akan mulai terjadi peningkatan pergerakan penumpang dan kendaraan untuk arus balik,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (24/4/2023).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat kendaraan yang meninggalkan Jabotabek saat hari pertama Lebaran masih tinggi. Tercatat, sebanyak 200.920 kendaraan meninggalkan Jabotabek atau naik 25,2 persen jika dibandingkan kondisi normal dengan total 160.473 kendaraan.

Sementara, jumlah kendaraan yang masuk ke Jabotabek pada hari pertama Lebaran 2023 masih lebih rendah jika dibandingkan dengan lalu lintas normal yaitu sebanyak 111.558 kendaraan. Angka tersebut lebih rendah 16,7 persen dari periode normal.

Untuk itu, Adita menegaskan arus balik akan terjadi mulai hari ini (24/4/2023 dan besok (25/4/2023). “Kami menganjurkan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik dapat dilakukan sebelum atau setelah tanggal tersebut, agar terhindar dari kepadatan,” ucap Adita.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berlaku di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Diskon tarif diberikan pada 27 April pukul 06.00 WIB hingga 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Selain itu juga Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan yang dikelola Astra Tol Cipali diskon 20 persen hanya untuk kendaraan golongan I. 

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama pemangku kepentingan terkait juga telah menyiapkan beberapa langkah cara bertindak dalam memberikan pengamanan arus balik libur lebaran tahun ini. Di antaranya skema satu arah atau one way dan rencana rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow dari KM 70 sampai KM 36.

“Kami akan melanjutkan rekayasa one way mulai besok (hari ini) dari Kalikangkung KM 414 sampai gate tol Cikampek Utama dan akan dilanjutkan contraflow dari KM 70 sampai KM 47 menggunakan 3 lajur,” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudhi dalam Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2023 yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Ahad (23/4/2023).

Namun demikian, kata Irjen Firman Shantyabudhi, apabila kendaraan pemudik dari arah Timur menuju Barat mengalami peningkatan signifikan maka rekayasa lalu lintas contraflow akan dilanjutkan sampai KM 36. Hal itu juga dilakukan sebagai antisipasi melonjaknya pemudik dari arah Timur (Trans-Jawa) ke Barat (Jakarta).

“Dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, lalu sampai KM 48 tiga lajur, contraflow KM 48 sampai KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek,” jelas Irjen Firman.

Selain skema one way dan contraflow, Firman mengatakan, juga ada jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik mudik. Pertama untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya akan dikawal melewati Cisumdawu, dan ini sudah disiapkan hanya sampai dengan pukul 16.00 WIB.

“Lalu ada pengalihan di tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk tol Cikampek,” terang Firman.

 

In Picture: Kepadatan Kendaraan di Gerbang Tol Ciawi Bogor

photo
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement