Sabtu 22 Apr 2023 10:15 WIB

Sepulang Deklarasi Capres, Ganjar Dapat Arahan dari Jokowi, Soal Apa?

Soal cawapres, Ganjar meminta semua pihak untuk bersabar.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Natalia Endah Hapsari
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah kembali ke Solo bersama. 

Ganjar mengungkapkan ia mendapatkan arahan khusus tersebut saat menemani Jokowi pulang usai acara deklarasi Calon Presiden PDIP dirinya di Batu Tulis, Bogor oleh Megawati Soekarnoputri, Jumat (21/4/2023) kemarin. Ia mengungkapkan hal tersebut usai mendampingi Jokowi shalat idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2203) pagi.

Baca Juga

"Lah sudah jelas semuanya kemarin kok, Bu Mega sudah mengumumin, seluruh DPP ada, saya pulang nderekke pak Jokowi di-briefing sama beliau," kata Ganjar. 

Disinggung soal cawapres yang disebut Jokowi cocok dengan dirinya, Ganjar meminta untuk sabar terlebih dulu. "Nanti dulu to, biar beritanya tambah," kelakar Ganjar. 

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan selamat atas Lebaran tahun ini. "Sama kayak Pak Presiden selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Sehat selalu," pesannya. 

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa deklarasi kemarin membuat Ganjar sebagai capres semakin jelas. Oleh sebab itu, terkait cawapres pihaknya mengatakan hanya soal waktu. "Calonnya sudah semakin jelas, siapa capresnya, tinggal menunggu cawapresnya," katanya. 

Disinggung soal kriteria khusus dan calon cawapres yang cocok untuk mendampingi Ganjar, Jokowi menyebutkan ada banyak nama.Ia juga sempat menyebutkan beberapa tokoh dari menteri hingga ketum partai. 

"(Kriteria khusus?) Kok tanya saya (yang cocok?) Banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, kan banyak kan, Ada Pak Mahfud, ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin, Ada Pak Airlangga," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement