Sabtu 22 Apr 2023 10:15 WIB

Soal Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres Nanti, Ini Bocoran dari Jokowi

Jokowi menyebut nama mulai dari Erick Thohir hingga Prabowo.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sosok yang berpotensi menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Jokowi sendiri belakangan tampak lekat didampingi oleh Ganjar dalam sejumlah aktivitas. Hal ini terlihat saat ia melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (22/4/2023). Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Ganjar Pranowo, sang bakal calon presiden yang diusung PDI Perjuangan.

"Kemarin kan sudah, sudah lihat semua, pelaksanaan keputusan yang dilakukan dan diputuskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Jokowi. kepada wartawan.

Baca Juga

"Semakin jelas siapa capresnya sehingga nanti tinggal cawapresnya, ditunggu, sabar. Banyak calon cawapresnya, ada pak Erick (Erick Thohir), ada pak Sandiaga Uno, ada pak Mahfud (Mahfud MD), ada pak Ridwan Kamil, ada cak Imin (Muhaimin Iskandar), pak Airlangga (Airlangga Hartarto). Nah, termasuk pak Prabowo," ujarnya menambahkan.

Adapun, hari inj Jokowi juga mengatakan bahwa dia akan segera bertemu dengan Prabowo untuk membahas lebih lanjut tentang capres dan cawapres di Pilpres 2024. "Nanti segera ketemu, nanti siang ketemu, beliau (Prabowo) mau ke rumah, siang," ujarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyerahkan urusan pasangan cawapresnya kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia mengatakan bahwa partai akan berkoordinasi. 

"Soal pasangan kan urusan partai, jadi habis ini kan partai akan berkoordinasi, kerja sama, lirik-lirikan, ngobrol, ngopi, bu ketua umum sudah perintahkan nanti partai yang mengkoordinasi," ujar Ganjar.

Ganjar juga mengatakan, dia telah mendapatkan arahan langsung dari Jokowi terkait Pilpres 2024. Menurutnya, semuanya sudah jelas.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP untuk Pilpres 2024. Hal itu disampaikan di Istana Batu Tulis Bogor, Jumat (21/4/2023), dalam agenda Rapat DPP Partai Ke-140 Diperluas Tiga Pilar.

"Menetapkan, saudara Ganjar Pranowo yang sekarang menjabat gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indoneisa dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Megawati dalam siaran langsung Youtube PDI Perjuangan, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement