Jumat 21 Apr 2023 13:54 WIB

BREAKING NEWS: Ganjar Resmi Capres PDIP

Ganjar Pranowo selama ini unggul di beragam survei nasional.

Rep: Ronggo Astungkoro/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati saat mengumumkan calon presiden dari PDIP secara daring di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).
Foto: Dok Republika
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati saat mengumumkan calon presiden dari PDIP secara daring di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 dari PDIP. Ganjar selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional. 

"Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati saat mengumumkan nama tersebut secara daring, Jumat (21/4/2024) siang.

Baca Juga

Sebelumnya Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, berkali-kali mengatakan bahwa Megawati telah mengantongi nama capres. Namun, Mega baru akan mengumumkan pada momen dan waktu yang tepat.

Sementara itu, peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyatakan, Ganjar Pranowo menjadi modal PDI Perjuangan memimpin koalisi besar jika diusung sebagai calon presiden. Ganjar diketahui merupakan kader PDIP. 

"Salah satu tokoh potensial yang menjadi calon presiden, yakni Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah ini merupakan kader PDIP," katanya dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selain itu, menurut dia, PDIP adalah partai pemerintah yang saat ini kader mereka juga menjadi presiden, yakni Joko Widodo. "PDIP adalah partai terbesar di parlemen dan berpotensi kembali menjadi partai pemenang pemilu," ujarnya.

PDIP amat besar peluangnya untuk menjadi magnet pembentukan koalisi. Hal itu juga dikuatkan hasil survei SMRC, yang memperlihatkan elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya turun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement