Kamis 20 Apr 2023 14:11 WIB

Daftar Layanan Tetap Buka di Kota Bekasi dan Tangerang Selama Lebaran

Disdukcapil Kota Tangerang Tetap Berikan Layanan Selama Libur Lebaran 2023

Rep: Ali Yusuf/Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
Sekda Kota Bekasi, Junaedi.
Foto: Dok Pemkot Bekasi
Sekda Kota Bekasi, Junaedi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memastikan beberapa layanan masyarakat tetap buka selama cuti lebaran tahun 2023. Pelaksanaan Harian (Plh) Wali Kota Bekasi, Junaedi memerinci beberapa layanan yang tetap buka, di antaranya rumah sakit, puskesmas, dinas damkar, dinas lingkungan hidup, dinas kesehatan, termasuk PDAM Tirta Patriot.

"Beberapa layanan itu tidak boleh libur. Mereka tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Junaedi kepada wartawan di Kota Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini.

Menurut sekda Kota Bekasi tersebut, setiap tahun pada mudik Lebaran, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Bekasi tetap beroperasi. Dia menuturkan, petugas yang masuk selama Lebaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah ditentukan. "Jadi beberapa OPD sudah diatur dalam pembagian tugas piket," kata Junaedi.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu ragu mendatangi beberapa pelayanan Pemkot Bekasi yang tetap buka selama cuti lebaran. Beberap fasilitas itu disiagakan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat "Jangan sampai nanti masyarakat komplain terhadap pelayanan yang tidak maksimal," ujar Junaedi.

Dia juga berpesan kepada warga Kota Bekasi selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Terutama, masalah sampah di lingkungannya masing-masing. "Terutama soal sampah pada saat menjelang Idul Fitri itu lumpuh di mana-mana. Nah itu menjadi perhatian," kata Junaedi.

Sementara itu, Pemkot Tangerang memastikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang tetap memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) untuk warga Kota Tangerang selama libur Hari Raya Idul Fitri 2023. Layanan Disdukcapil Kota Tangerang dipastikan tetap buka selama Lebaran.

"Pelayanan adminduk di Kota Tangerang secara tatap muka dibuka. Yakni, pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Tangerang buka pada 19, 20, 21, 24, 25 April 2023. Sedangkan pelayanan di booth Tangcity Mal dan Icon Walk tetap buka pada 19, 20, 21 April 2023," ujar Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra di Kota Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).

Dia menuturkan, pelayanan adminduk secara online juga tetap bisa diakses dan diproses selama masa cuti lebaran. Masyarakat Kota Tangerang bisa akses melalui laman https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id/. Dengan pelayanan adminduk yang tetap buka. Pemkot Tangerang berharap kebutuhan masyarakat terkait adminduk tetap bisa terpenuhi.

"Pada prinsipnya Disdukcapil siap memberikan layanan terbaik untuk masyarakat, kapan pun bahkan cuti lebaran sekali pun," kata Irman.

Dia menyatakan, dalam layanan yang disediakan, masyarakat Kota Tangerang dapat memproses dokumen administrasi kependudukan apa pun dan pengambilan fisik seperti kartu identitas anak (KIA) serta kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dapat dilayani di tanggal tersebut.

"Jadi ayo, masyarakat yang ingin memenuhi kelengkapan adminduknya, dan hanya ada waktu saat libur seperti ini, untuk segera memanfaatkan fasilitas layanan yang tetap buka pada masa cuti Lebaran ini. Pilih yang terdekat, baik itu kantor Disdukcapil atau booth di Tangcity Mal atau Icon Walk," jelas Irman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement