Kamis 20 Apr 2023 13:44 WIB

Jelang Lebaran, Jokowi Kembali Ajak Jan Ehtes Bagikan Bansos kepada Buruh Gendong

Pembagian sembako dari Presiden diberikan kepada kuli panggul dan buruh gendong.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Gita Amanda
Jokowi bersama Jan Ethes bagikan sembako di pasar Legi bagi buruh gendong, Kamis (20/4/2023).
Foto: Republika/Alfian
Jokowi bersama Jan Ethes bagikan sembako di pasar Legi bagi buruh gendong, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ajak cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra membagikan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai dan sembako pada buruh Gendong di Pasar Legi jelang lebaran Idulfitri tahun 1444 Hijriyah, Kamis (20/4/2023).

Pantauan Republika Jokowi tiba di lantai 3 Pasar Legi bersama rombongan sekitar pukul 12.27 WIB. Sejak memasuki area pasar nampak Jokowi sudah dipadati oleh warga. "Pak Jokowi, pak Jokowi," teriak di kerumunan.

Baca Juga

Salah satu buruh Gendong di Pasar legi, Surami (50 tahun) mengaku pernah melihat sosok langsung Jokowi, namun ia belum pernah menerima amplop secara langsung dari Jokowi. "Ya senang dapat ini (sembako) sama amplop, kemarin ada info dari pasar dapat girik (kupon) tapi nggak tahu kalau bakal dikasih amplop sama Pak Jokowi," katanya.

photo
Jokowi bersama Jan Ethes bagikan sembako di pasar Legi bagi buruh gendong, Kamis (20/4/2023). - (Republika/Alfian)

 

Buruh gendong yang sudah bekerja sejak umur 15 tahun tersebut mengaku bansos tersebut menjadi berkah tersendiri bagi dirinya jelang lebaran tahun ini. "Nggak menyangka dapat kayak begini, dapat du-duanya. Ini tadi dikasih tahu dari teman-teman pasar. Ini juga jadi berkah lebaran. Terima kasih pak Jokowi," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi mengatakan pembagian sembako dari Presiden Jokowi diberikan kepada kuli panggul dan buruh gendong. Jumlah penerima di Pasar Legi sebanyak 730 dan 170 di Pasar Gede. "Kemarin sistem pemberian data sudah masuk by name by alamat masuk data para calon penerima dak sudah dikasih kupon. jadi nanti sistem perebutan tidak ada karena mereka yang menerima mereka yang punya," ungkapnya.

"Jadi Pak Jokowi hari ini menyapa kuli panggul dan buruh gendong ibu-ibu. Sekalian mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri dan memberikan bingkisan sembako," katanya mengakhiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement