Kamis 20 Apr 2023 13:19 WIB

Jokowi Lebaran di Solo, Wapres Maruf akan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Presiden dan Wakil Presiden tidak menggelar open house.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan merayakan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Jakarta. Wapres dijadwalkan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada 1 Syawal 1444 Hijriah.

"Lebaran saya di Jakarta, InshaAllah shalatnya di Istiqlal, tetapi tidak open house, belum ada open house, presiden juga belum," kata Kiai Ma'ruf dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu yang telah dikonfirmasi kembali pada Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Pada lebaran kali ini, Wapres juga tidak menggelar open house atau halal bihalal secara umum. Usai shalat Idul Fitri, Kiai Ma'ruf direncanakan akan berlebaran di kediaman pribadinya di Tanara, Banten dan mempersilakan staf Sekretariat Wakil Presiden lebaran bersama keluarga masing-masing.

Namun, Wapres dijadwalkan memberi arahan secara virtual dalam acara gema takbir akbar nasional di Masjid Istiqlal Jakarta pada 1 Syawal 1444 Hijriah pukul 19.30 gingga 21.58 WIB. Ketetapan jatuhnya 1 Syawal sendiri menunggu hasil keputusan sidang isbat Kementerian Agama yang akan digelar Kamis (20/4/2023) sore ini.

 

Jika Wapres akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Jakarta, maka Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan merayakan Lebaran di Solo, Jawa Tengah. Pada lebaran kali ini Jokowi merayakan lebaran bersama istri, anak, menantu dan para cucu dan hanya didampingi perangkat sangat terbatas agar staf Istana Kepresidenan RI untuk mudik ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga masing-masing.

Silaturahim lebaran orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia ini dijadwalkan akan dilakukan melalui panggilan video (video call) dari kediamannya masing-masing seperti halnya dilakukan pada Lebaran Idul Fitri tahun sebelumnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement