Sabtu 15 Apr 2023 04:34 WIB

Respons PKS Atas Saran Guntur Soekarnoputra untuk Anies Baswedan

Guntur sebelumnya menyarankan Anies tak cari dukungan dari kelompok Islam Khilafah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri (kiri), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kanan) dan Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang diusung PKS Anies Baswedan (tengah) melakukan gerakan senam saat Apel Siaga Pemenangan PKS 2024 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Ahad (26/2/2023). Apel yang diikuti oleh Ribuan kader yang berasal dari seluruh Indonesia ini merupakan rangkaian penutupan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS. (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Ketua Dewan Ideologi DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Guntur Soekarnoputra, mengemukakan hal-hal apa yang perlu diperhatikan Anies. Terutama, tentang dukungan dalam memenangkan Pilpres 2024.

Guntur menyarankan, Anies tidak terlalu berusaha mendapat dukungan dari kelompok Islam ortodoks atau aliran khilafah. Selain itu, Guntur menyarankan Anies untuk menghindari dukungan politik dan logistik yang diberikan Amerika Serikat (AS).

Menurut Guntur, salah-salah Anies jika terpilih akan diperlakukan AS seperti kertas tisu yang dipakai sekali saja lalu dibuang sebagai sampah. Guntur meminta Anies tidak terjebak rekayasa pihak-pihak luar, terutama AS dan sekutunya.

"Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus dari yang bersangkutan (Anies Baswedan) antara lain sebaiknya yang bersangkutan tidak terlalu berusaha mendapatkan dukungan dari kelompok-kelompok Islam Ortodoks atau Islam aliran Khilafah yang masuk ke Indonesia melalui ideologi transnasional," ujar Guntur dalam keterangan pers kepada Republika pada Rabu (12/4/2023).

 

photo
Infografis Koalisi Perubahan dan Perjalanan Pencapresan Anies Baswedan - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement