Selasa 11 Apr 2023 19:07 WIB

Ade Armando Gabung PSI untuk Berantas Korupsi di DPR

Ade sebut akar korupsi ada di DPR yang merupakan lembaga sarang koruptor.

Ade Armando
Foto: Republika/Wihdan
Ade Armando

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial Ade Armando resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), hari ini, Selasa (11/4/2023). Ade tegas menyatakan, tujuannya bergabung dengan PSI adalah untuk memberantas korupsi dan intoleransi, dari dalam sistem.

"Karena itu lah saya harus melangkah lebih jauh, mencoba masuk ke parlemen (DPR RI) melalui Partai Solidaritas Indonesia," kata Ade saat acara peresmiannya bergabung dengan PSI di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa. 

Baca Juga

Terkait upaya melawan korupsi, Ade menyebut akar masalah korupsi di Indonesia ada di DPR RI, yang merupakan lembaga sarang koruptor. Menurutnya, ada beragam praktik perampokan uang rakyat yang terjadi DPR. Mulai dari suap skala jumbo dalam proses perancangan undang-undang, hingga aliran dana kepada anggota dewan dari instansi yang seharusnya diawasi DPR. 

Karena itu, Ade memahami skeptisisme sebagian orang bahwa dirinya tidak mungkin bisa memberantas korupsi di DPR dengan cara menjadi anggota parlemen. Sebagian orang itu meyakini, tokoh yang bersih dan antikorupsi sekalipun pada akhirnya bakal menjadi koruptor dalam sistem yang korup di DPR. 

Namun, Ade punya pandangan lain. "Saya tidak percaya dengan teori yang bilang struktur menentukan manusia. Saya percaya manusia yang menentukan struktur. Meski tidak mudah, tapi bisa," ujar dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia itu.

Menurut Ade, perlawanan terhadap praktik korupsi di parlemen itu bisa dilakukan kalau ada banyak orang bersih yang masuk DPR. Karena itu, partai politik harus mengusung calon anggota legislatif yang bersih. 

Ade pun yakin PSI adalah kendaraan yang tepat baginya untuk memerangi korupsi di parlemen. Dia meyakini PSI adalah satu-satunya partai yang bisa diharapkan untuk memerangi korupsi. Dia pun meyakini PSI bisa lolos ke parlemen dan menjadikan dirinya anggota DPR. 

Ade Armando merupakan sosok yang cukup dikenal publik karena komentar-komentar kontroversialnya. Walaupun mengenalkan diri sebagai pegiat media sosial, sudah beberapa kali akun-akun media sosial Ade seperti Twitter disuspensi. 

Bahkan, sosoknya yang sering kontroversial membuat Ade Armando sempat menjadi korban pemukulan ketika menghadiri aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI. Peristiwa itu terjadi tepat hari ini satu tahun yang lalu. 

Belakangan, Ade Armando memang lebih banyak mengisi konten-konten YouTube di akun Cokro TV. Pekan lalu, nama Ade Armando kembali menjadi perbincangan publik usai memberi komentar tentang polemik kedatangan timnas sepak bola Israel di Piala Dunia U20. Ade membela Ganjar Pranowo dan menyebutnya sengaja dijebloskan dalam polemik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement