Senin 18 Mar 2024 18:37 WIB

Once Singkirkan Masinton dan Eriko Sutarduga di Dapil DKI Jakarta II

Jika PSI lolos ambang batas parlemen, kursi ketujuh Dapil DKI II direbut Ade Armando.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Caleg PDIP, Once Mekel lolos ke DPR RI dari Dapil Jakarta IIl
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Caleg PDIP, Once Mekel lolos ke DPR RI dari Dapil Jakarta IIl

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI baru merampungkan proses rekapitulasi perolehan penghitungan suara untuk pemilihan umum di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (18/3/2024). Dengan rekapitulasi itu, hasil pemilu luar negeri di seluruh wilayah kerja panitia pemilihan luar negeri (PPLN) telah disahkan.

Dengan telah disahkannya rekapitulasi dari seluruh wilayah kerja PPLN dan KPU Provinsi DKI Jakarta, dapat diketahui jumlah suara untuk pemilihan anggota DPR Daerah Pmilihan (dapil) DKI Jakarta II. Pasalnya, Dapil DKI Jakarta II meliputi wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri.

Baca: Prabowo Kalahkan Anies di Jakarta, Berikut Perincian Angkanya

Hasilnya, untuk dapil DKI Jakarta II, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih suara paling tinggi, yaitu 483.058 suara. Posisi berikutnya diduduki Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Apabila dihitung menggunakan metode Sainte Lague, dengan mengasumsikan PSI tak lolos ambang batas parlemen, PKS akan mendapatkan dua kursi. Namun, apabila PSI berhasil melewati ambang batas parlemen empat persen, kursi terakhir dari dapil itu akan menjadi milik partai yang diketuai oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. 

Baca: Dari 10 Caleg Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I, Enam Orang Perempuan

Terdapat tujuh kursi yang diperebutkan di dapil DKI Jakarta II. Adapun nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang memiliki peluang melaju le Senayan adalah Hidayat Nur Wahid dari PKS, Ida Fauziah dari PKB, Himmatul Aliyah dari Partai Gerindra, Once Mekel dari PDIP, Abraham Sridjaja dari Partai Golkar, Uya Kuya dari PAN.

Adapun kursi terakhir diperebutkan untu Kurniasih Mufidayati dari PKS atau Ade Armando dari PSI. Khusus untuk Ade, kursi yang diraihnya bakal melayang jika perolehan PSI secara nasional di bawah empat persen.

Nama Once Mekel mengalahkan dua pejawat (incumbent) dari PDIP, yaitu Masinton Pasaribu dan Eriko Sotarduga. Once menjadi caleg dengan perolehan suara tertinggi di internal partainya. Dengan begitu, eks vokalis Dewa 19 tersebut berhak duduk di Senayan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement