Selasa 11 Apr 2023 08:21 WIB

Isi Ngabuburit, Warga Cakung Diajak Tanam Bibit Pohon Cabai Untuk Ketahanan Pangan

Relawan juga membagikan ratusan bibit pohon cabai ke rumah-rumah warga.

Ngbuburit Ramadhan (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Ngbuburit Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah relawan mengajak puluhan warga di Cakung, Jakarta Timur ngabuburit sambil menanam ratusan pohon cabai di Cakung, Jakarta Timur. Koordinator Mak Ganjar se-Jabodetabek Evi Navysah menerangkan aksi ini sebagai bentuk mendukung terjaganya ketahanan pangan.

Pihaknya juga merangkul warga Cakung untuk melakukan kegiatan bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca Juga

"Kegiatan ngabuburit di sore hari ini jelas berhubungan dengan ketahanan pangan, ini contoh program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Evi, dilansir pada Selasa (11/4/2023). 

Evi menambahkan, ia bersama relawan juga membagikan ratusan bibit pohon cabai ke rumah-rumah warga sekitar.

"Hari ini sekitar 250 bibit pohon cabai beserta pot dan media tanam kita bagikan ke warga sekitar InshaAllah dalam waktu satu tahun ini bisa panen," katanya.

Di samping itu, Eni salah satu warga Cakung mengungkapkan ia sangat senang dengan kedatangan Mak Ganjar. Menurutnya program 'Petik Masak' dari Mak Ganjar ini sangat berguna untuk ibu rumah tangga.

"Kesan saya sangat senang, ini sangat bermanfaat untuk kami ibu-ibu," kata Eni.

"Terima kasih, karena kalau dikembangkan ini bisa untuk kebutuhan cabai kan tidak perlu lagi ke pasar," ucapnya.

Terkait upaya mendukung ketahanan pangan, relawan serupa telah melakukan hal sama sebelumnya. Seperti dengan memberikan penyuluhan dan edukasi tentang pertanian organik, khususnya penggunaan pupuk organik untuk padi kepada petani di Desa Bandung, Kecamatan Prambon, Nganjuk.

Koordinator Jatim Harizah Farwah mengatakan, penyuluhan edukasi pertanian organik karena mayoritas pekerjaan masyarakat di daerah tersebut adalah petani.

"Kami berkolaborasi dengan Kelompok Tani Sumber Pangan untuk memberikan edukasi tentang pertanian organik kepada petani di sini untuk mendukung ketahanan pangan," kata dia, demikian dilansir dari Antara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement