Senin 10 Apr 2023 09:22 WIB

Pemkot Bogor Kejar Banprov Bangun Kampung Atlet

Pemkot Bogor akan mengejar bantuan dari Pemprov Jabar untuk bangun kampung atlet.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim. Pemkot Bogor akan mengejar bantuan dari Pemprov Jabar untuk bangun kampung atlet.
Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim. Pemkot Bogor akan mengejar bantuan dari Pemprov Jabar untuk bangun kampung atlet.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meminta bantuan dari provinsi atau Banprov kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, untuk pembangunan Kampung Atlet di Kayumanis, Kota Bogor. Pembangunan Kampung Atlet ini merupakan bentuk persiapan Kota Bogor sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat Tahun 2026.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mengatakan untuk mendukung penyelenggaraan hajat olahraga tersebut, segala upaya terus dilakukan. Belum lama ini, ia melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga

Dedie ingin memastikan bahwa Porprov bisa terselenggara dengan baik nantinya, terutama dengan tersedianya sarana prasarana yang memadai. “Terutama terkait dengan ada beberapa poin dukungan yang khususnya adalah pembangunan wisma atau kampung atlet. Sudah ada komitmen dari provinsi dan masih dalam proses penganggaran,” kata Dedie dalam keterangannya, Ahad (9/4/2023).

Meski demikian, sambung dia, masih ada beberapa langkah lagi untuk memastikan kesediaan anggaran untuk pembangunan Kampung Atlet. Selain itu, juga harus disiapkan jalur akses menuju dan dari Kampung Atlet yang akan dijadikan salah satu lokasi penyelenggaraan Porprov.

Sebelumnya Dedie bersama jajaran Pemkot Bogor juga sempat meninjau jalur Kampung Atlet di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Dimana terdapat penyesuaian dan penggantian lahan yang selaras dengan rencana pembangunan lanjutan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Dedie pun ingin memastikan bagaimana semua pihak bisa menyelesaikan seluruh tahapan dengan tepat. Bahkan, ada usulan dari Dispora Provinsi Jawa Barat untuk dilakukan proyek multiyears atau tahun jamak, namun segala keputusan masih harus terus dikonsultasikan.

“Tetapi pada prinsipnya Insya Allah Kota Bogor siap menjadi tuan rumah Porprov 2026,” tegas Dedie.

Merespons hal tersebut, Kepala Dispora Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana, bahwa bagaimanapun penyelenggaraan Porprov menjadi kegiatan bersama antara Pemprov Jabar dan Pemkot Bogor sebagai tuan rumah. Meski mendukung rencana pembangunan Kampung Atlet, ia menegaskan jika penentuan anggaran masih berproses.

“Karena kita juga tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Artinya bahwa kita juga harus diskusi dengan berbagai pihak, mungkin dengan DPRD dan Sekretaris Daerah (Sekda). Nanti kita bahas lebih lanjut untuk detailnya seperti apa,” kata Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement