Senin 10 Apr 2023 08:37 WIB

Direktur Eksekutif LSI: Di Simulasi 19 Nama Capres, Ganjar Unggul

Ganjar unggul tipis dari nama-nama yang ada.

Ilustrasi pilpres.
Foto: republika/mgrol100
Ilustrasi pilpres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei yang menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dari 19 nama bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Pada simulasi daftar 19 nama, Ganjar Pranowo 19.8 persen, Prabowo Subianto 19.3 persen dan Anies Baswedan 18,4 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan pers secara daring di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Senin (10/4/2024).

Baca Juga

Selain unggul dari Prabowo dan Anies, Ganjar juga unggul dari nama bakal calon presiden (capres) lainnya, seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Salahudin Uno, Gibran Rakabuming, Erick Thohir, dan Mahfud MD. 

Kemudian, juga mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, K.H. Ma'ruf Amin, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, dan Tito Karnavian.

"Ada 19,8 responden yang belum menunjukkan pilihannya terhadap 19 nama yang disimulasikan, jika pemilihan presiden dilakukan sekarang,” ungkapnya.

Djayadi mengatakan, survei dilakukan pada akhir Maret hingga awal April 2023. Sedangkan target populasinya warga negara Indonesia dengan usia 17 tahun ke atas, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

“Survei diadakan untuk mengetahui pendapat publik terhadap berbagai isu dan bagaimana implikasinya terhadap peta politik elektoral menuju 2024. Sehingga survei diadakan pada akhir Maret hingga awal April 2023,” kata dia.

Adapun pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), yaitu teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Ada 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. 

Kemudian, Margin of error survei diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca juga : Akun Twitter Ganjar Diserbu Warganet Terkait 'Kenangan di Masjid Kampus UGM'

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement