Sabtu 01 Apr 2023 09:10 WIB

Peserta Disabilitas Ikuti Seleksi Anggota KPU Tangsel, Pandenglang, Cilegon, Kab Tangerang

Peserta disabilitas dilibatkan seleksi KPU untuk menguatkan demokrasi.

Proses seleksi anggota KPU Tangsel, Pandeglang, Cilegon, dan Kabupaten Tangerang.
Foto: Republika
Proses seleksi anggota KPU Tangsel, Pandeglang, Cilegon, dan Kabupaten Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID,  SERANG – Seleksi tertulis calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Tangerang dilaksanakan pada Kamis, 30 Maret 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten. Salah satu peserta yang mengikuti tes seleksi calon anggota KPU adalah penyandang disabilitas.

Sekretaris KPU Provinsi Banten, Ferry Syahminan, mengatakan bahwa salah satu peserta disabilitas yang mengikuti calon anggota KPU berasal dari Kota Cilegon. “Prinsipnya kami mengedepankan kesetaraan, termasuk bagi saudara kita yang disabilitas untuk mengikuti seleksi calon anggota KPU Kabupaten Kota di Provinsi Banten,” kata Ferry dalam keterangannya pada Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga

Menurut Ferry peserta disabilitas mengikuti ujian tertulis dengan didampingi oleh temannya untuk membantu membaca soal, karena peserta disabilitas ini adalah tunanetra. “Sementara untuk jawabannya mutlak dari peserta calon anggota KPU yang mengikuti seleksi tertulis berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT),” jelas Ferry.

Ketua Tim Seleksi Anggota KPU (Timsel) M Kholis Hamdy mengatakan bahwa hampir semua peserta yang lolos seleksi administrasi mengikuti seleksi tertulis. “Dari 176 peserta calon anggota KPU Kota Tangerang Selatan, KPU Kabupaten Tangerang, KPU Pandeglang, dan KPU Cilegon mengikuti ujian tertulis, hanya 1 orang dari Kabupaten Tangerang tidak mengikutinya,” ungkap Hamdy.

 

Anggota Timsel, Deden Mauli Darajat, menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya adalah ujian tes psikologi. Menurut Deden, jadwal ujian tes psikologi dibagi menjadi tiga hari, yaitu dari tanggal 1 hingga 3 April 2023. “Ujian tes psikologi bertempat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Kampus Sindangsari yang beralamat di Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten,” tutur Deden.

Sekretaris Timsel, Suhendar, mengutarakan bahwa Timsel akan mengumumkan para peserta calon anggota KPU Kabupaten Kota, yang akan lolos ke tahap berikutnya setelah mereka mengikuti tees tertulis dan psikologi. “Kami, Timsel, akan mengumumkan para peserta yang lolos ke tahap berikutnya untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes Kesehatan dan wawancara,” tandas Suhendar. 

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa berdasarkan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 122 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 118 Tahun 2023 Tentang Penetapan Keanggotaan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Pada 118 (Seratus Delapan Belas) Kabupaten/Kota di 15 (Lima Belas) Provinsi Periode 2023–2028, bahwa Anggota Tim Seleksi calon anggota KPU Tangerang Selatan, Pandeglang, Cilegon, dan Kabupaten Tangerang ini adalah Aos Yuli Firdaus, Deden Mauli Darajat, Muhammad Kholis Hamdy, Neka Fitriyah, dan Suhendar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement