Rabu 29 Mar 2023 16:44 WIB

Tingkatkan Semangat Literasi, OMG Ajak Milenial Pasuruan Ikuti Parade Puisi

Momen ini menjadi ruang berkreasi, menumbuhkan semangat literasi.

Kegiatan bertema Parade Cipta Karya, Selasa (28/3/2023).
Foto: Dok. Omg
Kegiatan bertema Parade Cipta Karya, Selasa (28/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Sukarelawan yang terdiri dari anak-anak muda, OMG, Daerah Kabupaten Pasuruan, Jawa tikur menyulut semangat milenial untuk mengembangkan kreativitas, menumbuhkan semangat berliterasi, serta hidupkan jiwa sastra dalam kegiatan bertema "Parade Cipta Karya Puisi", Selasa (28/3/2023).

K-Naya Coffe & Event Space, Dusun Bejigeneng, Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menjadi tempat para pemuda berkumpul dalam agenda literasi itu.

Baca Juga

Ketua DPC OMG atau Orang Muda Ganjar Kabupaten Pasuruan, Imron Ubaidillah mengatakan, momen ini menjadi ruang berkreasi, menumbuhkan semangat literasi dan sastra di kalangan milenial.

Menggandeng berbagai komunitas pegiat sastra, theater, musik, dan literasi, mereka juga memberikan kesempatan mereka untuk tampil sebagai bentuk mendukung kebebasan berekspresi.

 

Setiap bait dan irama puisi yang dibacakan para peserta punya interpretasi berbeda-beda. Penampilan musikalisasi puisi oleh orkestra kidung linglung juga sukses memanjakan sepasang mata dan telinga siapa saja di acara itu.

"Tujuannya ya untuk mengembangkan potensi dari teman-teman ini karena untuk saat inikan sastra itu menurutku kurang ada wadah gitu, mungkin itu perlunya nanti pengembangan juga," ucap Imron di lokasi.

Menurut Imron, milenial di era digitalisasi seperti saat ini perlu menanamkan semangat literasi sejak dini seperti minat baca dan menulis.

Lingkungan serta pergaulan yang lekat dengan dunia literasi tentunya memengaruhi tingkah laku dan kebiasaan generasi muda.

literasi menjadi aspek yang sangat penting bagi masa depan Bangsa Indonesia untuk membangun generasi muda berintelektual.

"Tentunya juga kami mendukung teman-teman yang di lokal ini untuk lebih terekspresi dari apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka cita-citakan selama ini di dunia sastra khuususnya agar lebih ke up (terekspos)," kata Imron.

Jijiz (30 tahun) salah satu peserta dalam acara menyebut aksi OMG kali ini dalam mewadahi para milenial ini sangatlah tepat untuk mengembangkan kreativitas, menumbuhkan semangat berliterasi, serta hidupkan jiwa sastra.

"Terkait karya puisi sangat dramatis sekali teman-teman sangat menjiwai tentunya acara ini tidak sampai harus ada di sesi-sesi berikutnya," kata Jijiz.

Sekadar informasi, pada kesempatan ini OMG DPC Kabupaten Pasuruan turut memberikan stimulus alat lighting kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni El-Izzah agar lebih semangat menggiatkan pementasan seni.

OMG memang kerap menggelar kegiatan yang meningkatkan kemampuan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh OMG Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, ketika menggelar kegiatan positif berupa sosialisasi kepada masyarakat desa supaya bisa beradaptasi dengan era serba digital.

Koordinator OMG Cabang Batubara Farouzi Zufri Lubis mengatakan pihaknya menggelar sosialisasi di Jl. Lintas Sumatera, Desa Antara, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumut. Dalam kegiatan itu, OMG Batubara menghadirkan narasumber yakni Faradilla Haya Lubis.

"Kami memberikan pemahaman soal bagaimana bisa beradaptasi di era digitalisasi," ujar dia seperti dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement