Senin 27 Mar 2023 12:02 WIB

Elektablitas Erick Melesat Naik, Zulhas: Dipicu Peningkatan Kinerja Memimpin BUMN

Elektabilitas Erick naik empat persen dari 8,8 persen menjadi 12,9 persen.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: dok kementerian perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku senang dengan melesatnya elektablitas Menteri BUMN Erick Thohir dalam survei Indikator Politik yang dilakukan Maret 2023. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik, elektabilitas Erick Thorir naik hampir empat persen dalam beberapa bulan.

“Saya senang dan gembira elektabilitas Erick Thohir atau sahabat Etho meningkat. Hal ini menjadi tanda bahwa figur sahabat Etho juga semakin meningkat diterima oleh masyarakat Indonesia karena nilai elektoral adalah ukuran dari besaran aspirasi masyarakat yang dipotret secara kuantitatif melalui survei,” kata Zulhas, dalam keterangan, Senin (27/3/2023).

Baca Juga

Zulhas menilai, kenaikan elektabalitas Erick sendiri didasari peningkatan kerja saat memimpin BUMN. Ia menegaskan, apa yang dilakukan Erick telah berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kenaikan elektabilitas sahabat saya Erick menurut saya karena dipicu oleh peningkatan kinerjanya memimpin BUMN sehingga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional dan berdampak pada trickle down effect kepada ekonomi daerah,” ujar Zulhas.

Menteri Perdagangan ini menekankan, jika Erick juga merupakan sosok yang memiliki pemikiran terbuka atau open mind. Dibalik itu, kata Zulhas, Erick ialah juga sosok yang mampu menerima gagasan baru, pintarm dan profesional.

“Disamping itu sahabat saya Etho adalah sosok yang open mind terbuka menerima gagasan baru, pintar, profesional, dan menyintai olah raga. Sebagian masyarakat tentu akan menyukai figur seperti Etho sehingga wajar jika elektabilitasnya meningkat,” tegas dia.

Zulhas berharap, agar Erick dapat terus menjaga kinerja dan reputasinya guna membawa manfaat bagi kemajuan bangsa serta negara ke depannya. “Semoga saja sahabat saya Etho dapat menjaga dan sekaligus kinerja dan reputasinya agar terus dapat membawa manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara,” tegasnya.

Sebelumnya, elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan signifikan dalam survei calon wakil presiden (cawapres) yang digelar Indikator Politik Indonesia. Pada survei yang dilakukan Maret 2023 itu, elektabilitas Erick naik hampir 4 persen dalam beberapa bulan.

"Elektabilitas Erick Thohir naik tajam,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, dalam pemaparan hasil survei secara daring, Ahad (26/3/2023). Burhanuddin mengatakan dalam simulasi survei 18 nama cawapres, Erick memeroleh 12,9 persen suara. Padahal dalam survei Desember 2022, elektabilitasnya baru menyentuh 8,8 persen suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement