Kamis 23 Mar 2023 13:58 WIB

Budi Gunawan Sebut Aura Jokowi Pindah ke Prabowo, PPP Fokus ke KIB

PPP menilai, banyak muncul tafsir-tafsir politik mendekati tahun politik.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi. PPP mengaskan fokus dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).
Foto: Antara
Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi. PPP mengaskan fokus dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi menanggapi kunjungan kerja bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Terbaru, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan sebagian aura Jokowi berpindah ke Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Kendati demikian, ia memandang dua peristiwa tersebut sebagai tafsir-tafsir politik saja. Mengingat 2023 tengah menjadi tahun politik, di mana setiap pergerakan elite ditafsirkan sebagai bentuk dukungan.

Baca Juga

"Kalau kemudian ada yang mengait-ngaitkan, dalam istilah Jawa itu ilmu gotak gatik gatuk, jadi coba dicocok-cocokan gitu kan. Ya namanya sekarang mendekati momen politik, kemudian tafsirnya tafsir politik, ya biasa saja dalam hal itu," ujar Baidowi kepada wartawan, Rabu (23/3/2023).

"Ya itu haknya Pak Presiden ya mau ngajak siapa pun. Apalagi Pak Prabowo sebagai Menteri Kabinet Indonesia Maju," sambungnya.

Kendati demikian, PPP mengaku tak ikut campur dengan isu dukungan Jokowi kepada Prabowo. PPP saat ini berkomitmen dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Karena PPP masih konsisten terkait dengan keputusan siapa capres-cawapres yang akan diusung, akan diputuskan dalam Mukernas ataupun Rapimnas yang akan datang," ujar Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu.

Diketahui, Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, sebagian aura Jokowi berpindah ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menurutnya, aura tersebut tercermin lantaran Prabowo sering mendampingi Jokowi turun ke masyarakat akhir-akhir ini. 

Hal tersebut disampaikan Budi dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Papua. "Kita semua mengamati akhir-akhir ini bapak Prabowo sering bepergian bersama Bapak Presiden Jokowi, beberapa kali Pak Prabowo juga menyatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau," ujar Budi.

Pada November 2022, Budi juga menyebut kerutan wajah Prabowo sesuai dengan kriteria calon pemimpin menurut Jokowi. Ia mengatakan kriteria calon pemimpin bangsa Indonesia yang harus memiliki kerutan di wajah itu sempat diutarakan Jokowi saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

"Kita semua menangkap pesan, pesan dari Pak Jokowi tentang kerutan di dahi untuk menjadi ukuran kriteria (pemimpin). Maka, kami semua memperhatikan semua dari tadi, kerutan tersebut 100 persen identik dengan Pak Prabowo saat ini, tinggal warna rambut saja perlu penyesuaian, Bapak," seloroh Budi Gunawan di sela-sela sambutannya saat peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya serta Pencanangan AMN Makassar-Manado di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022).

 

photo
Elektabilitasn Bakal Capres per Desember 2022 - (Infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement