Rabu 22 Mar 2023 07:26 WIB

Presiden Jokowi Bangga Kecanggihan Anak Muda Papua Bisa Buat Gawai

Produk TOP.ID bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Papua dan wilayah lainnya.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi bersama anak-anak muda Papua saat peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (21/3/2023).
Foto: Istimewa
Presiden Jokowi bersama anak-anak muda Papua saat peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (21/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Anak muda Indonesia menorehkan prestasi gemilang dalam industri teknologi informasi melalui peluncuran gawai (gadget) terbaru berupa ponsel dan laptop dengan jenama TOP.ID, serta empat aplikasi canggih, yaitu Papua Pacific Park, Bersih Sampah Containder, Aplikasi Pendamping Desa, dan Manajemen Talenta Papua (Mantap), yang semuanya buatan anak muda Papua.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung peluncuran berbagai inovasi tersebut bersamaan dengan peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (21/3/2023). Dalam pidatonya, Jokowi merasa banggsa dengan produk kreasi dan inovasi dari anak-anak muda Papua yang dihasilkan oleh PYCH.

"Dengan adanya PYCH, produk unggulan ini, bahkan anak-anak Papua bisa melampaui kreativitas dan inovasi teknologi dibandingkan dengan anak-anak lain di Indonesia," kata Jokowi.

Gawai TOP.ID menunjukkan inovasi teknologi informasi digital yang lebih maju dan siap bersaing di kancah nasional, bahkan internasional dari Bumi Cenderawasih. Menkumham Yasonna Laoly menerangkan, saat ini produk gawai TOP.ID memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) hingga 51 persen yang sudah terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual (Haki).

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) Budi Gunawan pun mengapresiasi produk gawai TOP.ID. Torehan itu bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Papua dan wilayah lain di Indonesia bahwa semuanya mampu berdaya dan menciptakan teknologi dan inovasi canggih.

"Selanjutnya, diharapkan ide-ide dan inovasi baru dapat turut dimunculkan untuk empat wilayah lainnya yaitu Aceh, Papua Barat, Maluku, dan NTT untuk membangun Youth Creative Hub sesuai arahan Presiden (Jokowi)," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement