Jumat 17 Mar 2023 10:24 WIB

Kemenlu: Dubes Palestina Konfirmasi Konsistensi Dukungan Indonesia

Dubes Palestina mengakui konsistensi Indonesia terhadap isu Israel-Palestina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah,
Foto: Republika/Fergi Nadira
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyambut pernyataan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, yang meyakini dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak akan goyah. Hal itu sehubungan dengan rencana berpartisipasinya timnas Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

“Sejatinya, melalui apa yang disampaikan, Dubes Palestina mengakui atau mengonfirmasi konsistensi posisi Indonesia terhadap isu Israel-Palestina, khususnya konsistensi Indonesia dalam mendukung terwujudnya kemerdekaan Palestina,” kata juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah kepada Republika, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Teuku menjelaskan, terkait rencana hadirnya timnas Israel, pekan lalu Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) telah menggelar rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga. Namun, Teuku enggan memaparkan tentang hasil rapat tersebut.

“Hasil rapat itu sudah disampaikan Pak Menko Polhukam. Silakan quote yang bersangkutan,” ujarnya.

Saat datang ke Universitas Islam Indonesia (UII) Sleman Yogyakarta pada 8 Maret lalu, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan, semua persiapan terkait rencana hadirnya timnas Israel di Indonesia sudah dibahas, termasuk soal jika adanya penolakan dari beberapa pihak. “Semuanya sudah dibahas,” katanya.

Mahfud menjelaskan, rencana kehadiran timnas Israel sudah dipersiapkan, baik dari jalur politik, diplomatik, maupun keamanan. “Semuanya jalur sudah kita persiapkan. Lihat saja nanti,” ujarnya.

Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta pada Rabu (15/3/2023) lalu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun mengatakan, dia yakin dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina tidak akan goyah. Terkait rencana kehadiran timnas Israel di Tanah Air, Zuhair pun menyadari Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 hanya memfasilitasi. “Kehadiran (timnas) Israel karena ketentuan FIFA. Host country hanya memfasilitasi.”

Menurut Zuhair, setiap federasi memiliki aturan sendiri. Karena itu keputusan untuk mengundang negara tertentu, termasuk Israel, berada sepenuhnya di tangan federasi. Meski nantinya timnas Israel berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20, Zuhair yakin hal itu tidak akan melunturkan dukungan Indonesia bagi Palestina.

“Dukungan terhadap Palestina oleh Indonesia selalu konsisten. Dukungan Indonesia tidak akan berubah,” katanya.

Zuhair pun menegaskan, Palestina menghormati dan tidak akan mengintervensi keputusan masing-masing negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement