Senin 13 Mar 2023 12:44 WIB

Gubernur Khofifah Ajak Pers Masifkan Literasi Keuangan

Khofifah: pers memiliki sumber daya untuk menyebarluaskan literasi keuangan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Dokumen
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak pers untuk memasifkan literasi keuangan dan keuangan inklusi sebagai penguatan UMKM yang merupakan tulang punggungperekonomian nasional.

Menurut Gubernur Khofifah, sebagai tulang punggungperekonomian nasional UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional hingga global. Bahkan, keberhasilan Jatim dalam meningkatkan perekonomian pascapandemi menjadi 5,34 persen tak terlepas dari peranan UMKM.

Baca Juga

"Jack Ma dalam World Economic Forum tahun 2020 memprediksi, di tahun 2030 perekonomian dunia 99 persen akan didominasi UMKM secara online(daring) dan 85 persen di antaranya secara e-commerce," katanya di Kediri, Ahad (13/3/2023).

Guna memperkuat UMKM di Jatim, Khofifah yang juga Ketua PP Umum Muslimat NU tersebut, menekankan pentingnya literasi keuangan sebab iterasi keuangan dan keuangan inklusi merupakan suatu keniscayaan yang harus diterapkan oleh para pelaku UMKM.

"Kita sebetulnya, capaian keuangan inklusi Jatim sudah di atas rata-rata nasional. Kalau target nasional di tahun 2024 itu 90 persen keuangan inklusi tercapai, capaian Jawa Timur tahun 2022 sudah 92 persen. Sementara target literasi keuangan nasional tahun 2024 adalah 50 persen, sementara capaian Jawa Timur untuk literasi keuangan tahun 2022 mencapai 54 persen," ujarnya.

Namun, ia merasa ada ketimpangan antara capaian keuangan inklusi dengan literasi keuangan baik nasional maupun Jatim.

Capaian keuangan inklusi di Jatim pada tahun 2022 sudah 92 persen sedangkan literasi keuangandi tahun yang sama berada di angka 54 persen.

Oleh karena itu, ia mengajak berbagai pihak termasuk pers untuk bersama-sama meningkatkan literasi keuangan di tengah masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM.

"Meski capaian kita lebih baik dibanding nasional, tetap saya merasa tidak seimbang antara capaian keuangan inklusi dan literasi keuangan. Untuk itu, saya ingin mengajak semua pihak, termasuk OJK dan BI serta kekuatan PWI Jatim untuk melakukan literasi keuangan lebih masif lagi," kata dia.

Gubernur Jatim menghadiri acara peringatan Hari Pers Nasional ke-77 tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh PWI Jatim dengan tema "UMKM Backbone Perekonomian Nasional" di Kediri.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menerima penghargaan PWI Jatim Award 2023 sebagai Tokoh Nasional Peduli Wartawan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Magetan Suprawoto, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, dan Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyoedhi, serta tamu undangan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement