Rabu 01 Mar 2023 17:31 WIB

KPK: Rubicon Atas Nama Kakak Rafael Alun, Harley Davidson Belum Terlacak

Rafael mengaku membeli Rubicon, lalu dijual ke kakaknya.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Eks pegawai pajak yang juga ayah dari Mario Dandy Satriyo, Rafael Alun Trisambodo memenuhi panggilan KPK, Rabu (1/3/2023).
Foto: Flori Sidebang/Republika
Eks pegawai pajak yang juga ayah dari Mario Dandy Satriyo, Rafael Alun Trisambodo memenuhi panggilan KPK, Rabu (1/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menelusuri kepemilikan mobil Jeep Rubicon yang sempat dipamerkan anak Rafael Alun Trisambodo di media sosial. Kendaraan roda empat itu diketahui bukan atas nama Rafael.

"Barusan diklarifikasi ke yang bersangkutan bahwa itu (Jeep Rubicon) memang bukan atas nama yang bersangkutan (Rafael), tetapi atas nama kakak yang bersangkutan," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

Pahala menjelaskan, hal ini terungkap setelah tim KPK melakukan penelusuran ke alamat yang tercantum dalam STNK dan BPKB mobil tersebut. Lokasinya berada di sebuah gang di wilayah Mampang, Jakarta Selatan.

Dia mengungkapkan, Rafael membeli mobil mewah itu dari seseorang yang berdomisili di dalam gang tersebut. Namun, Rafael kemudian menjual kendaraan ini ke sang kakak. "Jadi dari yang di gang lantas dia beli, dia jual lagi ke kakaknya," ujar Pahala.

Pahala menyebut, KPK sudah meminta Rafael membawa dokumen resmi untuk membuktikannya. Dia menuturkan, Rafael menyanggupi permintaan itu. "Jadi kita bilang ya sudah kasih tunjuk saja dokumennya, nanti dia akan bawakan. Itu yang Rubicon," tutur dia.

Sementara itu, Pahala mengatakan, pihaknya belum dapat mengecek soal kepemilikan motor Harley Davidson yang juga pernah dipamerkan anak eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan ini. Sebab, motor gede itu tidak memiliki pelat nomor.

"Yang Harley Davidson karena enggak ada pelat nomornya, kita juga enggak bisa cari ke mana-mana," ujar Pahala.

Diketahui, Mario Dandy Satrio, anak Rafael, kerap memamerkan harta kekayaan orangtuanya di media sosial seperti Triumph, Harley Davidson, dan mobil Jeep Rubicon. Namun, Rafael telah membantah bahwa barang mewah yang dipamerkan anaknya itu milik dia. Karena memang kedua barang mewah itu tidak tercantum dalam laporan LHKPN yang dilaporkan Rafael ke KPK.

Meski demikian, mobil dan motor mewah itu juga sering digunakan Rafael. Hal tersebut terlihat dari foto-foto yang beredar di media sosial.

Harta kekayan Rafael menjadi sorotan publik usai sang anak, Mario Dandy Satrio menjadi tersangka kasus penganiayaan terhadap David, putra pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Jonathan Latumahina. Dalam LHKPN, Rafael tercatat memiliki total kekayaan Rp 56 miliar.

Kekayaan Rafael dinilai fantastis dengan menjabat sebagai pejabat pajak eselon III di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu. Sebab, total kekayaannya hanya selisih sedikit dengan LHKPN milik Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani yang mencapai Rp 58 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement