Ahad 26 Feb 2023 16:44 WIB

Warganet Kuliti Kekayaan Rafael Ayah Mario, Asetnya Melimpah di Berbagai Daerah

Kekayaan Rafael Alun Trisambodo diduga lebih dari Rp 56 miliar

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Orang tua tersangka kasus penganiayaan Mario Dandy Satrio, Rafael Alun Trisambodo. Kekayaan Rafael Alun Trisambodo diduga lebih dari Rp 56 miliar
Foto: Dok.Republika
Orang tua tersangka kasus penganiayaan Mario Dandy Satrio, Rafael Alun Trisambodo. Kekayaan Rafael Alun Trisambodo diduga lebih dari Rp 56 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kekayaan Rafael Alun Trisambodo terus menarik perhatian publik karena dicurigai memiliki harta yang melesat jauh dari selayaknya gaji seorang PNS Direktorat Jenderal Pajak (DJP). 

Bahkan jumlah kekayaannya yang dilaporkan di Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)  mencapai Rp 56,10 miliar, hampir menyaingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebesar Rp 58 miliar. 

Baca Juga

Kekayaannya mulai disorot semenjak kasus anaknya, Mario Dandy Satriyo yang menjadi tersangka penganiayaan terhadap David hingga koma. Diketahui, Dandy kerap memamerkan harta kekayaan orangtuanya di media sosial seperti Triumph, Harley Davidson, dan Mobil Jeep Rubicon. 

Tetapi kemudian, Rafael membantah bahwa barang mewah yang kerap dipakai dan dipamernya anaknya bukan miliknya. Karena memang kedua barang mewah itu tidak tercantum dalam laporan LHKPN miliknya. 

Berdasarkan laporannya yang tercatat per  17 Februari 2022, Rafael hanya memiliki dua kendaraan Toyota Camry Sedan 2008 dan Toyota kijang tahun 2018. 

Rafael juga memiliki harta bergerak Rp 420 juta, harta surat berharga Rp 1,55 miliar, harta berupa kas dan setara kas Rp 1,34 miliar, dan harta lainnya Rp 419 juta. 

Belakangan muncul juga di media sosial, potret-potret rumah dan berang mewah milik keluarga Rafael tersebar di berbagai daerah. 

Diunggah oleh akun Logika Politik, pada Jumat (24/2/2023), Rafel memiliki rumah mewah di kawasan Simpruk, kemudian rumah mewah di Blok U Jakarta Barat, rumah mewah di Manado, rumah mewah di Timoho Yogyakarta, mobil Land Cruiser 2 di garasi rumahnya di Timoho, dan di dalam rumah itu diduga memiliki ruangan fitnes pribadi, dan masih di Timoho, diduga keluarga itu juga memiliki restoran Bilik Kayu. 

“Pool di rumah simpruk sama pool di rumah Yogya, tiap rumah ada kolam renangnya dong, itu baru dua rumah, belum yang di Manado,” tulis unggahan di akun Logika Politik itu, dikutip Republika pada Ahad (26/2/2023). 

Istri Rafael, juga kerap mengunggah barang-barang branded seperti tas yang harganya ratusan juta. Seperti tas merek Dior dan chanel. 

“Anjing kalian pake tas/ sepatu apa?” tulis unggahan itu dengan menampilkan foto anjing diduga milik keluarga Rafael yang dipakaikan tas dan sepatu merek Dior.

Masih dalam unggannya, juga terpampang mobil Hilux diduga milik bapaknya Rafael yang berada di kawasan Srengseng Jakarta Barat. Mobil itu diduga diumpetin di sebuah kost-kostan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement