Rabu 22 Feb 2023 16:32 WIB

Airlangga Hartarto Jadi Capres Harapan Rakyat di Musra Sultra

Rakyat ingin kriteria calon pemimpin bangsa yang jujur dan bersih.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberi pengarahan usai Rapimda Golkar Sumut di Medan, Jumat (23/12/2022).
Foto: Istimewa
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberi pengarahan usai Rapimda Golkar Sumut di Medan, Jumat (23/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto muncul sebagai calon pressiden yang paling diharapkan rakyat pada Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Musra yang dihadiri langsung Ketua Dewan Pengarah Andi Gani Nena Wea dan Penanggungjawab Musra Budi Arie Setiadi ini, Airlangga dipilih sebanyak 21,98 persen (346 orang).

Nama Airlangga mengalahkan nama tokoh yang langganan muncul sebagai capres teratas di sejumlah survei. Di urutan kedua, muncul nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 18,93 persen (298 orang), dan Ganjar Pranowo dengan 17,98 persen (283 orang).

Baca Juga

Di bawah ketiga nama tersebut, muncul nama Moeldoko dengan 13,67 persen (215 responden) dan Erick Thohir 8,07 persen (127 responden). Jumlah responden yang diminta pendapat di Musra Sultra sebanyak 1.574 orang.

Masih dari Musra Sultra yang digelar pada Ahad (19/2/2023), kriteria dan karakter calon pemimpin bangsa yang paling banyak diinginkan publik adalah sosok yang jujur dan bersih. Kriteria ini mengalahkan kriteria sosok yang merakyat di urutan kedua. Kriteria jujur dan bersih dipilih sebanyak 913 responden, sementara sosok merakyat hanya dipilih 432 responden.

"Keberanian, ketegasan, serta akhlak tidak merupakan karakter yang diperhitungkan, meskipun ada sebagian kecil masyarakat yang mendambakan pemimpin yang demikian," tutur Penanggungjawab Musra Budi Arie Setiadi dalam keterangan, Rabu (22/2/2023).

Selain kriteria dan karakter calon pemimpin bangsa, Musra Sultra juga menyoroti sejumlah program prioritas harapan rakyat. Di urutan teratas, responden menilai program prioritas harapan rakyat adalah pendidikan gratis dan berkualitas, yakni dipilih sebanyak 24,20 persen. Di urutan kedua, program prioritas harapan rakyat yakni kenaikan upah dan daya beli yang dipilih sebanyak 20,84 persen.

Program pelayanan kesehatan gratis dan layak berada di urutan ketiga dalam program prioritas harapan rakyat dengan 18,74 persen. Disusul pemenuhan listrik dan BBM murah dengan 17,73 persen.

"Keempat isu tersebut diikuti dengan tuntutan infrastruktur transportasi dan lapangan pekerjaan," ujar Budi Arie Setiadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement