Selasa 21 Feb 2023 16:34 WIB

Kecelakaan Kerja, Keluarga Sopir Truk Sampah Dapat Rp 391 Juta

Kecelakaan kerja merupakan risiko yang dihadapi pekerja setiap saat.

Pemberian santunan kecelakaan kerja kepada ahli waris sopir truk sampah Dede Arifin di Jakarta Utara pada Senin (20/2/2023)
Foto:

Erfan menjelaskan, kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan adalah salah satu jalan mengantisipasi risiko kerja. Jika terjadi cidera, penyakit, atau kecelakaan kerja, maka pekerja akan mendapatkan penanganan medis terbaik hingga sembuh. Tak lagi memikirkan besaran biaya, si pekerja terus menjalani pengobatan sampai sembuh. Sementara keluarga di rumah akan mendapatkan santunan sementara tak bekerja.

Jika pekerja wafat akibat kecelakaan kerja, maka dia akan mendapatkan santunan 48 kali gaji yang dilaporkan plus beasiswa untuk dua anak hingga sarjana.

Erfan menjelaskan, kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan adalah wasilah setiap orang untuk kerja keras bebas cemas.

Kampanye 

Belum lama ini, Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama BPJS Ketenagakerjaan Kelapa Gading Jakarta Utara mengampanyekan kerja keras bebas cemas. Sasarannya adalah pekerja informal untuk bergabung menjadi peserta aktif. Lokasinya di Pasar Inpres Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengajak seluruh pedagang pasar untuk ikut jadi anggota BPJS Ketenagakerjaan karena memiliki banyak manfaat. Intinya melindungi pedagang pasar supaya tidak cemas dan terus semangat. 

Ajakan ini diutarakan Ali, saat menyosialisasikan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pedagang di Pasar Inpres Kelapa Gading Timur.

Wali Kota menjelaskan jaminan sosial ini bermanfaat untuk proteksi jika terjadi hal yang tak diinginkan. Untuk itu dirinya mengimbau pekerja mengikuti seluruh program perlindungan yang ada: jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kehilangan pekerjaan, dan jaminan pensiun.   

"Tujuannya baik melindungi pedagang pasar supaya tidak cemas dan terus semangat dalam bekerja," ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Indra Iswanto mewakili Kanwil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, beberapa camat di Jakarta Utara dan Lurah di Kelapa Gading. Selain itu juga beberapa Kantor BPJS Ketegakerjaan yang dibawah kordinasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kelapa Gading seperti Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pluit, Tanjung Priok, Pluit, Mangga Dua dan Cilincing.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement