Rabu 15 Feb 2023 04:05 WIB

PLN Sumut Siap Suplai Listrik EBT Event F1 Powerboat Danau Toba

Penggunaan EBT di Sumatera Utara cukup tinggi hingga mencapai 43.47 persen

Powerboat (ilustrasi). indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat di Danau Toba, Indonesia pada 25-26 Februari 2023.
Foto: EPA-EFE/ARTUR
Powerboat (ilustrasi). indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat di Danau Toba, Indonesia pada 25-26 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara siap mensuplai kelistrikan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) pada event F1 Powerboat Danau Toba, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023.

"Selama perhelatan internasional ini berlangsung, PLN akan mensuplai kelistrikan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan EBT di Sumatera Utara cukup tinggi hingga mencapai 43.47 persen," kata General Manager PLN UID Sumut Tonny Bellamy, Selasa (14/2/2023).

Tonny menyebutkan dalam memenuhi kebutuhan kelistrikan selama perhelatan internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan dua pembangkit EBT PLTM diantaranya PLTM Hutaraja kapasitas 2x2,5 MW dan PLTM Aek Silang 2 kapasitas 2x5 MW.

Perkuatan jaringan back up 20 kV untuk perhelatan F1 Powerboat dilakukan melalui modifikasi jaringan sehingga akan mempermudah manuver dan perbaikan kualitas parameter tegangan yang akan dikirim ke Balige," ucapnya.

Ia mengatakan modifikasi jaringan ini juga akan memberikan akses yang lebih besar kepada pemanfaatan pembangkit EBT khususnya PLTM Aek Silang 2 untuk mendukung back up kebutuhan sistem Balige selama perhelatan.

"PLN telah menyiapkan suplai kelistrikan hijau dari pembangkit listrik EBT untuk perhelatan lima tahunan ini. Hal ini untuk membuktikan bahwa PLN siap mendukung event nasional dan internasional dengan andal dan energi yang ramah lingkungan," kata Tonny.

Kabupaten Toba dikenal dengan potensi EBT yang sangat banyak. Tingginya potensi mini hidro, membuat Kabupaten Toba banyak di minati para investor Independent Power Plant (IPP) untuk membangun pembangkit mini hidro di Kawasan tersebut.

Tonny juga menambahkan pembangunan jaringan utama dan jaringan back up telah selesai dilakukan. Tercatat progres pekerjaan sudah mencapai 97 persen. Pekerjaan tersebut akan rampung tanggal 15 Februari 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement