Senin 13 Feb 2023 16:48 WIB

Vonis Mati Sambo, Nasir Djamil: Refleksi Keadilan Bagi Keluarga Yosua

Legislator Nasir Djamil sebut vonis mati Ferdy Sambo keadilan bagi keluarga Yosua.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Orang tua dari Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Rosti Simanjuntak memegang foto almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Legislator Nasir Djamil sebut vonis mati Ferdy Sambo keadilan bagi keluarga Yosua.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang tua dari Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Rosti Simanjuntak memegang foto almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Legislator Nasir Djamil sebut vonis mati Ferdy Sambo keadilan bagi keluarga Yosua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil tak dalam posisi mendukung atau tidak vonis hukuman mati untuk Ferdy Sambo. Namun jelasnya, putusan majelis hakim tersebut merupakan refleksi keadilan untuk keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Bisa jadi apa yang diputuskan majelis hakim itu adalah refleksi keadilan yang dituntut oleh korban atau keluarga korban ya. Jadi bisa jadi itu refleksi ya, sekali lagi bisa jadi itu refleksi dari keadilan yang diminta oleh keluarga korban," ujar Nasir saat dihubungi wartawan, Senin (13/2/2023).

Baca Juga

Ia sendiri mengaku kaget dengan putusan tersebut terhadap mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) itu. Mengingat, sebelumnya ia dituntut penjara seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat.

"Saya tidak bisa menilai, itu berdasarkan putusan hakim dan berdasarkan fakta-fakta persidangan. Jadi saya katakan ya memang FS itu tidak puas dengan putusan hakim, dia bisa lakukan upaya banding," ujar Nasir.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memvonis bersalah terdakwa Ferdy Sambo karena melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (J), Senin (13/2/2023).

Sambo juga divonis bersalah atas perbuatannya melakukan perintangan penyidikan terkait kematian Brigadir J di Duren Tiga 46. Atas vonis tersebut, majelis hakim menghukum Sambo dengan pidana mati.

"Menyatakan terdakwa Ferdy Sambo terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah menurut hukum melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana dan tanpa hak melakukan perbuatan yang menyebabkan sistem elektronik tidak berfungsi sebagaimana mestinya," kata Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso saat membacakan vonis dan putusan di PN Jaksel, Senin (13/2/2023).

Atas vonis tersebut, hakim meminta Sambo berdiri untuk mendengarkan hukuman. "Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati," kata Hakim Wahyu.

Putusan majelis, mufakat disetujui tanpa dissenting opinion dari anggota majelis hakim lainnya. Yakni hakim Morgan Simanjuntak, dan hakim Alimin Ribut Sujono.

Vonis dan hukuman mati terhadap Sambo lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa dalam tuntutan sebelumnya, meminta majelis hakim memenjarakan mantan Kadiv Propam Polri itu selama seumur hidup.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement