Senin 30 Jan 2023 15:12 WIB

BSI Explore Universitas BSI Kampus Pontianak Bantu Publikasikan Desa Wisata

Kegiatan BSI Explore bantu publikasikan desa wisata melalui website pariwisata.

Kegiatan BSI Explore Universitas BSI Kampus Pontianak membantu publikasikan destinasi Wisata Alam Lestari dan Wisata Alam Gunung Ambawang di Desa Sungai Deras, Pontianak, Kalimantan Barat, melalui website pariwisata.
Foto: Dok. Universitas BSI
Kegiatan BSI Explore Universitas BSI Kampus Pontianak membantu publikasikan destinasi Wisata Alam Lestari dan Wisata Alam Gunung Ambawang di Desa Sungai Deras, Pontianak, Kalimantan Barat, melalui website pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan substansi utama dalam rangkaian kegiatan BSI Explore 2023. Wujud implementasi yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak dalam kegiatan BSI Explore ialah melakukan upaya-upaya dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa, antara lain dengan menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa, dan pemberdayaan masyarakat serta para pemuda desanya. 

Mahasiswa peserta BSI Explore 2023 melakukan kegiatan explorasi destinasi wisata, seperti di Wisata Alam Lestari dan Wisata Alam Gunung Ambawang yang berlokasi di desa Sungai Deras, Pontianak. Kegiatan ini berlangsung, pada Senin (16/1/2023) lalu. 

Baca Juga

Sakur, selaku salah satu tokoh pemuda desa Sungai Deras mengungkapkan, pihak desa ingin membuat sebuah website pariwisata agar dapat meningkatkan profit UMKM warganya. “Sudah lama sekali pihak desa ingin membuat sebuah website pariwisata yang sifatnya dapat dilihat oleh banyak orang. Karena selain tempat wisata yang terpublikasikan ke luar, potensi meningkatnya UMKM warga akan berpeluang besar dan akan memberikan dampak yang baik bagi warga,” jelasnya  dalam keterangan rilis, dikutip Senin (30/1/2023). 

Siti Rodiah sebagai Ketua Kelompok yang merupakan mahasiswa Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Pontianak menjelaskan, banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan bagi mahasiswa peserta BSI Explore ketika akan menjalankan pengabdian terhadap masyarakat desa. Namun, hal itu tentunya harus disesuaikan dengan latar belakang keterampilan dan keilmuan serta kompetensi mahasiswa yang peserta BSI Explore dengan berbagai hal yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

“Kami mahasiswa yang mengikuti program BSI Explore baru mengetahui kalau ada tempat wisata yang sangat cantik, yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Pontianak, sangat disayangkan jika destinasi wisata yang ada di sini jarang diketahui dan bahkan tidak diketahui oleh masyarakat luar,” ujarnya. 

Hal serupa juga dikatakan Sella Septiani selaku rekan dari tim 29 yang bertempat di desa Sungai Deras yang juga merupakan mahasiswa prodi Sistem Informasi Akutansi Universitas BSI kampus Pontianak. Ia mengatakan bahwa banyak rencana yang akan dilakukan untuk menyukseskan dampak postif bagi masyarakat.

“Banyak yang kami siapkan untuk menyukseskan rencana tersebut yang nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Reza Maulana sebagai dosen pendamping lapangan, mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Kegiatan utama yang dilakukan dalam BSI Explore ini dilakukan para mahasiswa bertujuan untuk mempublikasikan dan mempermudah masyarakat untuk mengetahui adanya wisata dan UMKM yang ada di desa terlebih lagi sekarang ini zamannya perkembangan teknologi semakin pesat. 

"Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI selalu membantu hadirkan inovasi dan kreasi dari seluruh civitas akademika terhadap kemajuan masyarakat, terutama masyarakat desa,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement