Jumat 27 Jan 2023 17:28 WIB

Sudirman Said: Koalisi Anies Masih Tunggu Internal PKS

PKS masih menunggu keputusan resmi Majelis Syura.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Naradamping yang juga utusan Anies Baswedan, Sudirman Said mengaku pertemuan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan forum untuk memperbarui informasi terkait sikap ketiganya. Termasuk sikap Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang telah resmi mendukung Anies.

Partai Nasdem menjadi yang sejak awal mendeklarasikan Anies sebagai bakal calon presiden (capres). Kini, tim kecil ketiga partai masih menunggu sikap resmi PKS.

Baca Juga

"Seluruh tahapan itu berjalan dengan baik dan tinggal menunggu, tentu menghormati masing-masing partai politik. Karena masing-masing punya mekanisme internal. Jadi kami yang berenam atau berdelapan ini akan menyiapkan diri untuk bersiap-siap melakukan deklarasi," ujar Sudirman di kediaman Anies, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Pertemuan Partai Nasdem dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga dipandangnya sebagai bentuk komunikasi biasa yang sudah dikomunikasikan dengan Partai Demokrat dan PKS. Jelasnya, koalisi pengusung Anies dalam jalur yang tepat sebelum pendeklarasian.

"Jadi salah satu keputusan hari ini adalah teman-teman yang selama ini berkumpul, dalam yang disebut tim kecil tadi bersepakat untuk bersiap-siap secara paralel menyiapkan deklarasi bersama," ujar Sudirman.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman mengatakan, pihaknya mendukung Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024. Namun, ia menjelaskan, masih menunggu keputusan resmi Majelis Syura PKS.

"Kami masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami, jadi kami tuntaskan itu. Nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan," ujar Sohibul.

Kendati demikian, ia yakin PKS akan secara resmi mendukung Anies sebagai capres. Keseriusan dukungan tersebut terbukti dari hadirnya dua perwakilan PKS dalam tim kecil pembahasan rencana koalisi.

"Kalau PKS ini tidak dukung Pak Anies, maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini. Saya dalam tim kecil ini merupakan utusan resmi partai, jadi kalau saya terlibat di tim kecil ini menunjukkan memang PKS dukung," ujar Sohibul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement