Rabu 18 Jan 2023 14:44 WIB

Jokowi Kasih Nama 'Maung' untuk Kendaraan TNI

Presiden Jokowi melakukannya secara resmi dengan memecahkan kendi

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Gita Amanda
Jokowi namai kendaraan taktis buatan Pindad, Maung, di Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1/23).
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Jokowi namai kendaraan taktis buatan Pindad, Maung, di Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1/23).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2023 di Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). Dalam kunjungan ke kantor Menhan Prabowo Subianto itu, Jokowi juga memberikan nama pada kendaraan Taktis “Maung”.

Ditanya alasan penamaan mobil tersebut, Jokowi tak memerincinya. Ihwal demikian, dirinya langsung menuju kendaraan dinas dan pergi dari rapim tahunan itu. “Namanya Maung,” kata Jokowi di lokasi, Rabu.

Baca Juga

Dalam penamaan kendaraan dinas militer itu, Presiden Jokowi melakukannya secara resmi dengan memecahkan kendi dan menandatangani plakat di atas kap mobil. Sebelum melakukan sesi foto terakhir dengan Jokowi, keduanya memantau tiap-tiap alutsista dari Pindad yang dipamerkan.

Berdasarkan pantauan Republika, saat hendak menamai kendaraan Maung dan kendaraan lain yang dipamerkan, Jokowi juga sempat disopiri oleh Menhan Prabowo menuju lapangan utama Kementerian Pertahanan.

Prabowo, secara langsung menyopiri kendaraan Maung berwarna hijau tosca. Kendaraan itu, menjadi salah satu dari tiga mobil taktis yang dipamerkan, selain dari tank dan kendaaraan roda dua lainnya, serta kapal RHIB Trimaran.

Secara umum, mobil Taktis Ringan produksi PT Pindad (Persero) ditujukan untuk dukungan operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan. Spesifikasi kecepatan aman dari kendaraan itu mencapai 120 km/jam, selain itu Maung memiliki transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Kendaraan asli Bandung ini, dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, hingga tracker.

Diketahui, dalam Rapim Kemhan 2023 ini, dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) hingga Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement