Rabu 18 Jan 2023 11:13 WIB

Prabowo Sopiri Jokowi Naik Mobil Maung

Jokowi menamai kendaraan taktis itu dengan nama Maung.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo mengunjungi para peserta Rapim Kemhan di Jakarta, Rabu (18/1/23).
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo mengunjungi para peserta Rapim Kemhan di Jakarta, Rabu (18/1/23).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023 di Kemenhan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). Dalam kunjungannya itu, Presiden sempat disopiri oleh Menhan Prabowo Subianto sekitar pukul 09.10 WIB ke lapangan utama kantor Kementerian Pertahanan.

Terpantau Prabowo mengendarai mobil taktis Maung berwarna hijau tosca buatan Pindad. Mobil kemudian diparkir di pelataran Kemenhan, bersama dua kendaraan Maung dan alutsista lainnya.

Baca Juga

 Kendaraan itu juga baru saja dinamai secara resmi oleh Presiden Jokowi. Ditanya alasan penamaan mobil tersebut, Jokowi tak memerincinya. Ihwal demikian, dirinya langsung menuju kendaraan dinas dan pergi dari rapim tahunan itu. “Namanya Maung,” kata Jokowi di lokasi, Rabu (18/1/2023).

 Dalam penamaan kendaraan dinas militer itu, Presiden Jokowi melakukannya secara resmi dengan memecahkan kendi dan menandatangani plakat di atas kap mobil. Sebelum melakukan sesi foto terakhir dengan Jokowi, keduanya memantau tiap-tiap alutsista dari Pindad yang dipamerkan.

 Secara umum, mobil taktis ringan produksi PT Pindad (Persero) ditujukan untuk dukungan operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Spesifikasi kecepatan aman dari kendaraan itu mencapai 120 km/jam. Selain itu, Maung memiliki transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Kendaraan asli Bandung ini dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, hingga tracker.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement