Rabu 18 Jan 2023 12:24 WIB

Masuk Tahun Politik, Wapres Pesan Kepala Daerah Jaga Demokrasi Setiap Daerah

Wapres meminta kepala daerah mengawal kehidupan demokrasi

Rep: Fauziah Mursyid / Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin, meminta kepala daerah mengawal kehidupan demokrasi
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin, meminta kepala daerah mengawal kehidupan demokrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga demokrasi yang sehat di wilayahnya. 

Ini disampaikan Ma'ruf saat menutup secara resmi Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda 2023.

Baca Juga

"Memasuki tahun politik di 2023 ini, mari kita kawal kehidupan demokrasi di setiap daerah yang sehat," ujar Ma 'ruf dikutip dari siaran persnya, Rabu (18/1/2023).

Ma'ruf juga mengingatkan agar kepala daerah dan Forkopimda memastikan kondisi di wilayahnya senantiasa aman di tahun politik.

 

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga mengapresiasi para kepala daerah dan Forkopimda yang terus melakukan upaya pemulihan ekonomi nasional dan daerah. 

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tekanan terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk upaya percepatan pembangunan nasional. 

Penanganan terhadap dampak pandemi dilakukan secara komprehensif, tidak hanya ditujukan untuk melindungi masyarakat dari dampak sosial dan kesehatan, tetapi juga untuk memastikan proses pemulihan ekonomi berjalan secara inklusif dan berkelanjutan.

"Saya mengapresiasi upaya yang tidak kenal lelah dari para Kepala Daerah dan Forkopimda, dalam memulihkan sosial ekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengendalikan inflasi di daerah," katanya.

Dia menyebut agenda penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi memiliki korelasi yang kuat. Yakni inflasi yang rendah akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Karena itu, untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi sekaligus mengendalikan inflasi di daerah, Wapres meminta kepala daerah dan Forkopimda agar memperkuat langkah strategis dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023.

"Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan dinamika geopolitik, mari kita perkuat langkah-langkah strategis guna memantapkan Rencana Kerja Pemerintah 2023," ujarnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement