Senin 16 Jan 2023 13:35 WIB

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Pulau Untung Jawa Jadi Kampung Bahari Nusantara

Pemkab Kabupaten Kepulauan Seribu dukung Pulau Untung Jawa menjadi Kambanus.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pulau Untung Jawa di Kabupaten Kepulauan Seribu.
Foto: Dok Pemkab Kepulauan Seribu
Pulau Untung Jawa di Kabupaten Kepulauan Seribu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mendukung Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta menjadikan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan menjadi Kampung Bahari Nusantara (Kambanus). Presiden Joko Widodo akan meresmikan program Kambanus pada 31 Januari 2023.

"Kami tentu sangat mengapresiasi penetapan Pulau Untung Jawa sebagai Kampung Bahari Nusantara," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan dalam siaran pers di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Fadjar mengaku, sudah meninjau sejumlah kesiapan untuk memenuhi lima klaster program Kambanus. Di antaranya, gelaran stan UMKM (ekonomi), rumah baca di RPTRA Amiterdam (pendidikan), bakti kesehatan (kesehatan), Pos TNI AL (pertahanan), dan lokasi wisata Pantai Sakura (pariwisata) di Pulau Untung Jawa.

"Alhamdulillah, kami sudah cek satu persatu bersama Komandan Lantamal III, terkait lima klaster yang ada seperti bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi serta pertahanan, semua sudah sangat baik," ujar Fadjar.

Menurut dia, dukungan Kabupaten Kepulauan Seribu terhadap program Kambanus merupakan upaya meningkatkan ekonomi di kawasan itu, salah satunya melalui sektor pariwisata. Program Kambanus dicetuskan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono pada 5 Agustus 2020 untuk mewujudkan sinergi TNI dengan rakyat demi meningkatkan kesejahteraan bersama.

Komandan Lantamal III/Jakarta Brigadir Jenderal (Mar) Umar Farouq mengatakan, Pulau Untung Jawa akan dijadikan bentuk atau model destinasi wisata unggulan sekaligus sebagai wahana penerapan ketahanan pangan yang berkelanjutan oleh unsur jajaran Lantamal III Jakarta.

Nantinya ada bermacam kegiatan yang dilaksanakan di Untung Jawa. Di antaranya, bakti sosial, penanaman dan pembibitan mangrove, wisata pantai dan pengembangan tanaman langka yang bisa hidup di wilayah pesisir, seperti pohon waru dan pohon ketapang laut. Selain itu, kegiatan disinergikan dengan pengoptimalan potensi wilayah yang ada.

Antara lain, bidang pendidikan, kesehatan, maritim dan pariwisata serta bidang olah raga perairan. Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian KSAL dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement