Selasa 20 Dec 2022 14:06 WIB

Kepulauan Seribu Hadirkan Beragam Lokasi Tujuan Berlibur Akhir Tahun

Pengunjung bisa mendatangi Pulau Pramuka, Payung, Pari, hingga Untung Jawa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ratusan pengunjung memadati pantai wisata Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (31/7).
Foto: Antara
Ratusan pengunjung memadati pantai wisata Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (31/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Kepulauan Seribu menghadirkan sejumlah pilihan tempat berlibur wisatawan lokal maupun mancanegara saat akhir 2022. Tujuan wisata itu sudah dirangkum agar bisa menjadi referensi tempat berlibur saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi Publik Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu, Jipandoli Nainggolan mengatakan, pihaknya menawarkan rekreasi dengan banyak keindahan alamnya kepada wisatawan yang ingin menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas setiap pekan.

Enam pulau wisata permukiman Kepulauan Seribu berikut juga menyediakan berbagai pilihan wisata yang dirasa cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Sejumlah tempat itu, Pertama Pulau Harapan. "Pulau ini berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Pulau Harapan menawarkan keindahan bawah laut yang sangat cantik untuk dilihat saat selam permukaan (snorkling). Ikan-ikan berwarna-warni sesekali menghampiri saat ada yang sedang menyelam di kedalaman satu meter hingga dua meter.

Di Pulau Harapan juga terdapat pulau-pulau resor yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di antaranya Pulau Bidadari, Pulau Macan, Pulau Pantara, Pulau Ayer dan Pulau Dolphin.

Kedua, Pulau Pramuka. Ini bagian dari Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini merupakan pusat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu. Meski begitu, Pulau Pramuka menjadi incaran para wisatawan setiap akhir pekan.

Pulau Pramuka menawarkan berbagai keindahan panorama alamnya mulai dari Taman Nasional Laut, Pantai Sunrise, Pantai Sunset maupun pantai Cikaya di Pulau Karya.

Bagi para wisatawan yang memiliki hobi berkemah, bisa datang ke Pulau Semak Daun menggunakan kapal nelayan dengan kisaran jarak tempuh 30 menit dari Pulau Pramuka. "Bisa juga mengunjungi Gusung Petrik dengan jarak tidak jauh dari pulau tersebut," kata Jipandoli.

Ketiga, Pulau Tidung. Pulau ini tidak asing di telinga warga Jakarta. Ikon Jembatan Cinta menjadi daya magnet bagi para wisatawan untuk datang berlibur ke pulau tersebut. Pulau Tidung berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dengan luas pulau mencapai 109 hektare dan dihuni lima ribu penduduk.

Keempat, Pulau Payung. Pulau ini bagian dari Kelurahan Pulau Tidung. Pulau ini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan pantai dan pasir putih menjadi daya tarik wisatawan. Pulai ini dikenal dengan sebutan pulau Asha Resort dan di pulau ini terdapat berbagai fasilitas seperti restoran, pondok penginapan (cottage) maupun permainan air.

Kelima, Pulau Pari. Pulau ini selalu menawarkan hamparan pasir putih yang memanjakan mata saat mengunjungi pulau tersebut. Ikon pantai pasir perawan tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan juga bisa mengunjungi pantai bintang sambil bersepeda santai ke arah selatan Pulau Pari.

Keenam, Pulau Untung Jawa. Pulau ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan karena jaraknya tidak terlalu jauh, hanya 30 menit perjalanan dari pelabuhan Tanjung Pasir Tangerang. Di pulau ini, wisatawan bisa mengunjungi destinasi wisata mulai dari Pantai Sakura, Kampung Jepang, Jembatan Pengantin, maupun Pantai Arsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement