Selasa 22 Nov 2022 16:15 WIB

Fraksi PKS DPR RI Instruksikan Anggotanya Potong Gaji Bantu Korban Gempa Cianjur

"PKS menghimpun dana bantuan dari potongan gaji anggota bulan ini," kata Jazuli.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menginstruksikan anggotanya untuk memotong sebagian gaji mereka guna membantu korban gempa Cianjur. (ilustrasi)
Foto: istimewa/doc humas
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menginstruksikan anggotanya untuk memotong sebagian gaji mereka guna membantu korban gempa Cianjur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR guncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Ketua Fraksi PKS DPR RI. Menyikapi peristiwa tersebut, Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, menginstruksikan Anggota Legislatif PKS pusat hingga daerah khususnya di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jabar untuk memotong gaji guna membantu korban bencana gempa bumi Cianjur. 

"Fraksi PKS menyampaikan duka cita mendalam seraya berdoa agar Allah meringankan korban gempa di Cianjur. Dan sebagai bentuk empati dan kepedulian, Fraksi PKS menghimpun dana bantuan dari potongan gaji anggota bulan ini," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga

Jazuli mengatakan, sudah menjadi komitmen PKS untuk selalu hadir di tengah-tengah bencana bersama elemen bangsa lainnya yang sudah bergerak sejak kemarin. Ia mengatakan, struktur dan kader PKS dengan koordinasi bersama aparat dan pemerintah setempat sudah bergerak mendirikan posko, mensiagakan ambulans dan obat-obatan, serta mendistribusikan bantuan yang diperlukan segera oleh masyarakat.

Prioritas utama menyelamatkan korban jiwa yang sebagiannya masih tertimpa reruntuhan dan longsor serta mengevakuasi warga yang masih terjebak di beberapa wilayah yang terputus aksesnya.

"Alhamdulillah baik pemerintah, aparat, ormas, dan masyarakat telah ikut bergerak secara kolektif membantu korban. Fraksi PKS memberikan apresiasi atas inisiatif peran dan tanggung jawab kemanusiaan ini. Mudah-mudahan ikhtiar ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," jelasnya.

Laporan BPBD pada tanggal 21 November menyebutkan korban jiwa gempa bumi di Kabupaten Cianjur 162 jiwa. Selain korban tewas, laporan BPBD tersebut juga mencatat gempa tersebut juga menyebabkan 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan 13.400-an orang mengungsi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement