Kamis 17 Nov 2022 20:45 WIB

Pameran Big Bad Wolf Books 2022 Dongkrak Minat Baca Masyarakat

Data BPS, rata-rata masyarakat hanya membaca empat sampai lima buku per triwulan.

Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Hadriani Uli Silalahi (kanan) bersama Senior Vice President PT BCA, Norisa Saifuddin.
Foto: Dok BBW
Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Hadriani Uli Silalahi (kanan) bersama Senior Vice President PT BCA, Norisa Saifuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat membaca buku di masyarakat Indonesia terbilang rendah. Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, yang menunjukkan jika rata-rata masyarakat hanya membaca empat sampai lima buku per triwulan.

"Ini kan ngeri kan? Miris. Hal ini membuat geregetan, gimana caranya supaya bisa di Indonesia terjadi peningkatan membaca," kata Uli saat jumpa pers di Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022).

Dia menerangkan, pameran Big Bad Wolf Books (BBW) 2022 salah satunya bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat. Karena paling penting dalam membaca buku itu adalah passion. "Membaca merupakan kegiatan positif dapat dilakukan di mana pun dan siapa pun," kata Uli.

Setelah sempat vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, BBW kembali menyapa masyarakat Jabodetabek. Pameran buku internasional terbesar hadir di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten pada 25 November-5 Desember 2020 pukul 09.00-00.00 WIB. Buku yang dijual paling murah Rp 10 ribu dan paling mahal edisi terbatas Rp 1,5 juta.

"Kami sangat senang segera bisa kembali menyapa secara langsung dengan para pecinta buku Jakarta. Semangat membaca buku fisik diharapkan dapat terus mendongkrak minat baca Indonesia dan bisa menjadi bagian dari gaya hidup untuk kemajuan negeri dari literasi," kata Uli.

Menurut Uli, kampanye literasi BBW sampai saat ini telah sukses digelar di 37 kota di 15 negara. Rangkaian tur BBW Indonesia 2022 telah digelar di empat kota, yaitu Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang. Adapun Jakarta menjadi kota singgah terakhir pada perhelatan di tahun ini.

Uli menyampaikan, sekitar 50 ribu judul buku baru dan jutaan buku internasional dari semua genre akan membanjiri dipajang di area BBW dengan diskon meriah 50-90 persen. Komitmen BBW adalah menghadirkan akses buku internasional yang bermutu dengan harga terjangkau bagi semua genre untuk Indonesia.

Selain buku terbaik internasional, sambung dia, juga dipajang buku Indonesia dari lebih 50 penerbit Indonesia yang telah dikuratori oleh Mizan Publishing. Dia ingin agar pengunjung dapat menikmati kemeriahan bazar buku internasional tersebut. "Harapannya membaca akan menciptakan generasi Indonesia yang lebih cerdas dan unggul," kata Uli.

Pelaksanaan BBW 2022 mendapat dukungan dari Bank Central Asia (BCA). Senior Vice President PT BCA, Norisa Saifuddin, menyampaikan, pihaknya menghadirkan layanan cashless bagi pemilik kartu BCA yang melakukan transaksi di ICE BSD City. "BCA berpartisipasi dalam kegiatan BBW 2022. Kami menyadari kegiatan ini memiliki spirit yang positif untuk mendukung literasi membaca masyarakat Indonesia," kata Norisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement