Ahad 13 Nov 2022 13:04 WIB

Merajut Asa di Desa Kubu dengan Potensi Wisatanya

BSI explore 2023 mengajak mahasiswa menggali potensi desa

BSI Explore 2023, menjadi kegiatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengenali kehidupan masyarakat desa. BSI Explore 2023, mengajak para mahasiswa selama 3 minggu, menggali potensi desa dan mengembangkan SDM di desa, melalui kegiatan di sekolah dan kemasyarakatan.
Foto: istimewa
BSI Explore 2023, menjadi kegiatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengenali kehidupan masyarakat desa. BSI Explore 2023, mengajak para mahasiswa selama 3 minggu, menggali potensi desa dan mengembangkan SDM di desa, melalui kegiatan di sekolah dan kemasyarakatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK—BSI Explore 2023, menjadi kegiatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengenali kehidupan masyarakat desa. BSI Explore 2023, mengajak para mahasiswa selama 3 minggu, menggali potensi desa dan mengembangkan SDM di desa, melalui kegiatan di sekolah dan kemasyarakatan. 

Seperti tema yang diusung, “Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri”, BSI Explore 2023 akan menjamah 35 desa di 6 provinsi di Indonesia. Salah satu tempatnya ada di provinsi Kalimantan Barat. Yoki Firmansyah, Koordinator Kemahasiswaan Universitas BSI kampus Pontianak, melakukan pencarian desa sekaligus survey lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat mahasiswa untuk pengembangan dirinya nanti. Survey lokasi yang dilakukan Yoki, pada Selasa (8/11) lalu ini, ditemani dengan dosen lain, dan satu mahasiswa.

Baca Juga

“Kita menetapkan salah satu desa yang jadi tempat kegiatan BSI Explore 2023 nanti yakni Desa Kubu, di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Saat di lokasi desa, kami disambut dengan baik dan mendapat dukungan dari aparatur desa setempat,” kata Yoki, saat diwawancarai.

Di desa Kubu, juga telah memilih salah satu Sekolah Dasar (SD), yakni SD Negeri 23 Sungai Deras. Sekolah tersebut yang nantinya akan jadi tempat mahasiswa Universitas BSI kampus Pontianak melakukan kegiatan BSI Explore 2023.“Saat berkunjung kemarin, juga disambut baik oleh Kepala Desa Sungai Deras, dan Kepala Sekolah SD N 23 Sungai Deras,” tambahnya.

Lokasi tersebut dipilihnya, karena Desa Kubu punya potensi wisata serta akses ke desa tersebut yang masih harus ditempuh selama 4 jam dari Kota Pontianak. Selain itu, juga harus menyeberangi sungai Kapuas menggunakan kapal air.

“Desa Kubu sangat ideal untuk kegiatan BSI Explore 2023. Dimana desa ini letak demografinya sangat bagus. Terdapat objek wisata berupa jembatan gantung dan keraton desa kubu yang bisa dijadikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan BSI Eksplore 2023. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kepala desa kubu atas penyambutannya, dan berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar hingga akhir,” tegas Yoki.

Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif, selalu mengupayakan berbagai kegiatan yang bisa menumbuhkan pemikiran kreatif dari mahasiswanya. Dengan kegiatan BSI Explore 2023 ini, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran yang tidak hanya di dalam kelas saja, namun juga bisa terjun langsung ke masyarakat.

“Dengan begitu, mahasiswa bisa mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti permasalahan nyata, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Sehingga terbentuklah hardskill dan softskill yang baik bagi mahasiswa,” tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement