Jumat 11 Nov 2022 23:53 WIB

Festival Pemuda 2022 Siap Digelar di Surabaya

Data UNFPA 2020, generasi muda usia 15-29 di dunia mencapai 1,8 miliar jiwa.

Pemuda (ilustrasi)
Foto: ugm.ac.id
Pemuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Masih dalam rangkaian peringatan Sumpah Pemuda ke-94, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) berkolaborasi dengan lintas pemangku kepentingan menyelenggarakan kegiatan Bulan Pemuda 2022.

Kemenko PMK melakukan berbagai kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dengan mengusung tema, "Bersatu Bangun Bangsa". Tujuan Bulan Pemuda 2022 untuk dukung peningkatan kualitas pemuda, menumbuhkan jiwa patriotik, cinta tanah air dan kebhinekaan, kemandirian sekaligus berikan wadah agar partisipasi aktif dalam pembangunan.

Baca Juga

Data UNFPA 2020, generasi muda usia 15-29 di dunia mencapai 1,8 miliar jiwa dan telah menjadi populasi terbesar dalam sejarah. Indonesia bahkan menjadi rumah bagi 64.92 juta jiwa. Hampir 23,90 persen (Statistic Pemuda, BPS, 2021) yang beragam suku, agama, dan golongan.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK, Dr. Femmy Eka Putri menegaskan bahwa, pembangunan pemuda harus meliputi berbagai aspek agar jadi generasi unggul, berkarakter, dan berdaya saing.

 

"Kegiatan festival Pemuda dapat terus berkelanjutan dan mendorong perwakilan pemuda dari setiap provinsi untuk jadi penggerak pembangunan dan agen perubahan di daerahnya masing-masing," kata dia saat konferensi pers di Aula Heritage Kemenko PMK RI, Jumat (11/11/2022).

Perlunya sinergi bersama dari setiap pemangku kepentingan. Kemenko PMK bersama organisasi kepemudaan melakukan pembangunan pemuda, selain itu juga sebagai bentuk keterlibatan aktif pemuda dalam pembangunan.

Pendiri dan Presiden Yayasan Pondok Kasih, Dr. Hana Amalia Vandayani Ananda yang akrab disapa Mama Hanna dalam paparannya mengatakan bahwa yang harus dilakukan oleh pemuda adalah menunjukkan kecintaan terhadap NKRI.

"Festival Pemuda merupakan wadah yang digelar Yayasan Harapan Pemuda Indonesia dan Yayasan Pondok Kasih bagi para pemuda di Nusantara untuk kembali menyatu dalam kebhineka, juga mendorong para pemuda untuk berkolaborasi, berkontribusi, dan berperan nyata dalam pembangunan bangsa," kata Mama Hanna.

Ketua Panitia Festival Pemuda 2022, Laila Nihayati menjelaskan, dengan mengusung tagline #PastikanPeranmu, Festival Pemuda 2022 hadir sebagai jawaban atas kegelisaan pemuda dalam merespond sosial. "Sehingga mampu memberikan kontribusi besar dalam tingkatkan kapasitas dan kualitas pemuda saat ini di masa yang akan datang. Juga membangun narasi positif ditengah masyarakat, pemuda adalah tulang punggung negara," kata Laila.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement