Selasa 11 Oct 2022 16:00 WIB

Anies: Skywalk Lebak Bulus Bermanfaat untuk Warga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut skywalk Lebak Bulus bermanfaat untuk warga.

Dua pekerja melintas di proyek pembangunan Skywalk dan Plaza Transit Simpang Temu Lebak Bulus di Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut skywalk Lebak Bulus bermanfaat untuk warga.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan.
Dua pekerja melintas di proyek pembangunan Skywalk dan Plaza Transit Simpang Temu Lebak Bulus di Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut skywalk Lebak Bulus bermanfaat untuk warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap jembatan penyeberangan orang (skywalk) Lebak Bulus bermanfaat bagi warga, khususnya saat bermobilitas sekaligus membangun kebersamaan saat menggunakan transportasi umum di Ibu Kota.

"Ini adalah sebuah contoh bagaimana konektivitas dituntaskan untuk memudahkan bagi warga Jakarta dalam berkegiatan dan mobilitas," kata Anies saat ditemui di MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Anies menuturkan jembatan sepanjang 300 meter dan lebar 3,5 meter ini merupakan penghubung antara Stasiun MRT Lebak Bulus dengan Points Square. Menurutnya, penataan jembatan ini dirancang untuk menjadi ruang yang mempersatukan perasaan kebersamaan yang bisa dirasakan masyarakat umum.

Terlebih, pembangunan jembatan penyeberangan ini dibantu untuk semakin menambah pengguna transportasi umum. Selain itu, Anies juga menyebut juga adanya keterjangkauan saat menaiki transportasi umum yakni biaya hingga lokasi seperti titik keberangkatan dan tujuan.

 

"Nah, dibangunnya Skywalk ini melengkapkan keterjangkauan, karena ketika sampai ke stasiun tujuan, maka dengan mudah dia menjangkau lokasi yang hendak dikunjungi," katanya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy menambahkan jembatan penyeberangan ini memiliki beragam fasilitas termasuk untuk kaum disabilitas.

"Sehingga cukup nyaman bagi para pejalan kaki yang nanti akan turun di daerah sini. Bisa naik lift untuk disabilitas, bisa eskalator yang langsung menghubungkan ke mal maupun stasiun," jelas Aprindy.

Lalu, jembatan yang nantinya terdapat taman seluas 2.000 meter persegi ini direncanakan mulai beroperasi pada Desember mendatang, kata dia.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta membangun dua jembatan penyeberangan orang (skywalk) di Jakarta Selatan yang pengerjaannya dimulai sejak Maret 2022.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan tujuan pembangunan dua skywalk tersebut agar pengguna transportasi umum bisa merasa aman dan nyaman.

Skywalk dibangun membentang di dua lokasi yakni di Kebayoran Lama dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kedua jembatan penyeberangan tersebut akan dibangun dengan skema anggaran tahun tunggal.

Selain itu, pembangunan skywalk lainnya terdapat di Lebak Bulus yang dibangun kerja sama operasi (KSO) PT. Inti Menara Jaya dan PD Sarana Jaya yang menghubungkan Stasiun MRT Lebak Bulus dengan area parkir dan naik turun orang (drop off) di Points Square.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement