Senin 10 Oct 2022 08:13 WIB

Klarifikasi Gus Miftah Dituding Intervensi Agama Farel Prayoga

Di acara Maulid Nabi, Gus Miftah mengaku kaget diberitahu agama Farel non-Islam.

KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Muftah.
Foto: Nico Kurnia Jati/Republika
KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Muftah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji di Kabupaten Sleman, Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah membuat klarifikasi atas ramainya percakapan antara dirinya dengan penyanyi cilik Farel Prayoga. Dia membantah jika telah memaksa Farel ketika bertanya tentang agama yang dianut.

Gus Miftah dan Farel satu panggung di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang disiarkan kanal Youtube Btd Channel pada 5 Oktober 2022. Percakapan itulah yang akhirnya membuat gaduh di media sosial, khususnya lini masa Twitter.

"Kemarin ada pengajian di Banyuwangi dengan bintang tamu Farel prayoga, atas dugaan saya intervensi agama Farel, Anda salah. Jadi karena acaranya pengajian, saya bertanya ke Farel, 'Farel kamu bisa ngaji apa gak? Ternyata setelah Farel nyanyi ada informasi dari panitia bahwa Farel non-Islam," kata Gus Miftah menjelaskan dalam video yang diunggah di akun resmi Tiktok dikutip Republika di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca juga : Apa Akhir dari Kasus Lukas Enembe?

 

Dia mengaku, sangat kaget ketika agama Farel non-Islam. Hal itu lantaran Farel kerap membawakan shalawat di berbagai acara. "Nah, saya kaget karena tahu non-Islam dan saya bertanya sebelumnya apakah dia bisa ngaji atau tidak makanya saya minta maaf 'oh sorry, ternyata kamu bukan Islam," kata Gus Miftah.

Setelah mendapat penjelasan itu, Gus Miftah pun memberi pesan kepada Farel. Sehingga, tidak benar kabar kalau ia mengintervensi agama penyanyi yang populer dengan lagu Ojo Dibandingke itu.

"Dan saya sampaikan kepada Farel, 'Farel apapun agamamu tolong yang taat. Taatlah terhadap agamamu. Jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal maka kamu harus banyak berterima kasih bersyukur kepada Tuhan. Jadi bukan saya intervensi agamanya Farel," kata Gus Miftah.

Dalam cuplikan video yang beredar, semula Gus Miftah bertanya tentang ayah dan sekolah Farel. Kemudian, ia bertanya apakah Farel rajin mengaji. "Farel sudah juz berapa kamu ngaji?" ujarnya. Farel pun mendekat dan berbisik kepada Gus Miftah yang kaget dengan jawaban yang diberikan. "Mboten ngaji artinya tidak ngaji, ora ngaji kepiye artinya tidak ngaji gimana?" tanya Gus Miftah heran.

Baca juga : Prinsip-Prinsip Utama Piagam Madinah

Dia pun kemudian menasihati Farel supaya tidak lupa tetap mengaji, meski sudah terkenal dan banyak uang. "Saya doakan besok kamu jadi artis top Internasional, amin. Tapi yo ngaji bro, mosok ra ngaji artinya masak tidak ngaji," kata Gus Miftah. Setelah itu, Farel kemudian bernyayi. Gus Miftah semakin kaget setelah panitia memberitahunya kalau Farel bukan pemeluk agama Islam.

Karena penasaran, Gus Miftah bertanya apakah agama Farel Kristen atau Katolik. "Nggak lah privasi," kata Farel menolak menjawab.

"Apapun agamamu tetap sing ibadah sesuai dengan kepercayaanmu, tos dulu," ujar Gus Miftah merespon.

Baca juga : Solusi Manis dan Prasasti Puitis Anies Baswedan di Peresmian Masjid At-Tabayun Jakbar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement